Breaking News:

Ziarah Makam

VIDEO: Bupati Bone Ziarah Makam Raja Bone ke-28 di Suppa Pinrang

Bupati Pinrang  Andi Irwan Hamid menyambut Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi beserta rombongan dalam rangka kunjungan ziarah ke makam Raja Bone ke

TRIBUNPINRANG.COM, WATANG SAWITTO - Bupati Pinrang  Andi Irwan Hamid menyambut Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi beserta rombongan dalam rangka kunjungan ziarah ke makam Raja Bone ke XXVIII, We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara Matinroe ri Majennang di Lingkungan Majennang, Kelurahan Watang Suppa, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Kamis (01/04/2021). 

Turut hadir Datu Suppa ke 30, Andi Dala Uleng Bau Massepe Sultana Badria dan Addatuang Sawitto Andi Bau Sawerigading.

Bupati Bone melakukan ziarah ke makam Raja Bone Ke XXVIII di Suppa bersama unsur Forkopimda dan beberapa Pimpinan OPD Kabupaten Bone dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Bone ke - 691 yang jatuh pada Selasa, (06/04/2021) mendatang. 

"Kedatangan kami ke sini untuk berziarah ke makam raja Bone ke 28 yang cukup fenomenal yakni We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara. Seorang raja perempuan tangguh dan sangat militan," ujar Andi Fahsar. 

Ia menjelaskan, We Tenriawaru merupakan sosok yang tidak menerima tawaran Belanda untuk kembali memperbarui perjanjian Bungaya. 

"Maka terjadilah perang yang membumi hanguskan Bone waktu itu. Disebutkan di dalam lontara, ini adalah rumpa'na bone yang kedua," ujarnya. 

"We Tenriawaru menyatakan kekalahan dan memilih meninggalkan Bone karena belanda sudah berkuasa. Dan pilihannya ke Suppa dan menetap di sini hingga meninggal," sambungnya. 

Andi Fahsar menuturkan ini kali pertama ia berziarah di makam Raja Bone ke 28.

"Ini akan menjadi agenda tahunan. Kami juga masih mencari makam yang lain. Hanya saja masih ada beberapa yg belum kami dapat. Cuma di dalam lontara di sebutkan kalau ada di Pangkep, Sidrap, Bontoala dan cukup banyak. Tapi, kita belum dapatkan. Kami tidak mau makam Raja abal-abal, kami mau yang benar," imbuhnya.

Penulis: Nining Angraeni
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved