Breaking News:

Trobun Wajo

Ayo Sukseskan Pendataan Keluarga di Kabupaten Wajo

Pendataan keluarga oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) mulai dilakukan, Kamis (1/4/2021) hingga Senin (31/5/2021) mendatang.

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH ABDI GUNAWAN
Bupati Wajo, Amran Mahmud. 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Pendataan keluarga oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) mulai dilakukan, Kamis (1/4/2021) hingga Senin (31/5/2021) mendatang.

Pendataan itu menjadi hal terpenting dalam perencanaan pembangunan, termasuk data kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga dan data stunting.

Olehnya, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Wajo untuk menyukseskan proses pendataan.

"Kita sambut petugas pendata keluarga. Mereka nanti akan datang ke rumah-rumah warga, dan yang terpenting harus memberi data yang benar, akurat dan jelas," kata Amran Mahmud.

Pendataan keluarga diatur dalam Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, dan diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, serta Sistem Informasi Keluarga.

Pendataan yang dilakukan oleh BKKBN dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Saat ini, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan Amran Mahmud menegaskan, proses pendataan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Karena kita masih dalam suasana pandemi Covid 19, saya berharap proses pendataan keluarga ini tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos, P2KBP3A) Kabupaten Wajo, Karjono pihaknya siap menyukseskan program pendataan keluarga ini.

"Untuk tingkat kabupaten semua sarana PK21 sudah didrop di tingkat kecamatan dan desa, tenaga pendata juga sudah diberikan orientasi mulai dari tingkat kecamatan (manajer dan pengelola data) sampai tingkat desa dan kelurahan (supervisor)," katanya. (*)

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved