Breaking News:

Tribun Pinrang

Puskesmas Batulappa Pinrang Pantau Kondisi Ibu Hamil Lewat Aplikasi Klik Akun Bumil

Puskesmas Batulappa Pinrang menerapkan inovasi Klik Akun Bumil untuk memudahkan bidan desa dan lintas sektoral memantau perkembangan ibu hamil

Puskesmas Batulappa Pinrang
Fitur aplikasi Klik Akun Bumil Puskesmas Batulappa Pinrang. 

TRIBUNPINRANG.COM, BATULAPPA - Puskesmas Batulappa Pinrang menerapkan inovasi Klik Akun Bumil untuk memudahkan bidan desa dan lintas sektoral dalam memantau perkembangan ibu hamil di wilayahnya.

Inovasi ini dibuat karena masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di wilayah kerja Puskesmas Batulappa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang.

Hal itu dipengaruhi beberapa faktor. Yakni kondisi wilayah yang sulit dijangkau, kurangnya informasi kesehatan ibu hamil, dan belum optimalnya keterlibatan lintas sektor.

"Paritisipasi lintas sektor seperti kecamatan dan kepala desa waktu itu kurang maksimal. Mereka tidak tahu jumlah ibu hamil di wilayahnya," kata Kordinator Bidan Desa Kecamatan Batulappa, Asrina Majid, Rabu, (31/03/2021).

Asrina mengemukakan, Kecamatan Batulappa berada di wilayah yang didominasi  pegunungan dengan akses jalan yang cukup sulit dan jauh dari faskes.

"Kondisi ini mendorong Puskesmas Batulappa menguatkan pelayanan yang responsif terhadap gender melalui pengembangan inovasi ramah ibu hamil, yaitu Klik Akun Bumil," tuturnya.

Klik Akun Bumil akronim dari Kantong elektronik jadwal persalinan akan turunkan angka kematian ibu hamil.

Menurut inovator Klik Akun Bumil, Ismail,  inovasi tersebut  mulai dikembangkan diawal tahun 2019.

"Penerapannya tahun 2020," kata Ismail.

Ismail menuturkan, Klik Akun Bumil merupakan Inovasi berbasis web yang dikembangkan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Halaman
12
Penulis: Nining Angraeni
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved