Breaking News:

Tribun Wajo

Pemkab Wajo Raih Penghargaan dari Kemendagri, Apa Prestasinya?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, kembali mendapat penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Ist
Pemerintah Kabupaten Wajo kembali mendapat penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, kembali mendapat penghargaan tingkat nasional dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Penghargaan "Dukcapil Bisa 2020" diterima Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wajo pada Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang digelar secara virtual, Selasa (30/3/2021).

Penghargaan Dukcapil Bisa untuk kategori skala wilayah ini hanya didapat oleh 9 kabupaten/kota di Indonesia.

Kabupaten Wajo merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang perhargaan tersebut.

Kepala Dinas Dukcapil Wajo,Gaffar mengatakan, penghargaan "Dukcapil Bisa" adalah bentuk apresiasi Kemendagri atas dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat dalam mengembang dan menjalankan tugas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah/Kota terbaik berdasarkan sembilan kriteria.

Diantaranya total perekaman KTP-el 98%, total penerbitan KIA 20%, Akte Kelahiran 92%, penggunaan kertas putih pada 18 dokumen kependudukan.

Penggunaan tandatangan elektronik pada 18 dokumen kependudukan, layanan online, layanan terintegrasi, perjanjian kerjasama, serta akses data perangkat organisasi.

Sementara dari 9 indikator penilaian ini, Disdukcapil Wajo justru melebihi target nasional diantaranya target nasional perekaman KTP-el dimana realisasi Kabupaten Wajo mencapai 99,57%.

Kepemilikan Akta Kelahiran Anak realisasi 99% dan pencetakan KIA realisasi mencapai 23.02%. Sementara 6 indikator yang lain semua itu sudah berjalan di Wajo,'

"Penghargaan ini adalah apresiasi Kemendagri atas kinerja terbaik dan dedikasi kita dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan tahun 2020," kata Gaffar.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada Dinas Dukcapil yang telah bekerja dengan penuh dedukasi tinggi.

"Tentu kita sangat bangga atas penghargaan ini, karena memang dari 25 program kerja kami adalah memberikan Paten (Pelayanan administrasi terpadu Kecamatan) dan layanan publik satu pintu yang transparan dan efisien. Alhamdulillah itu telah berjalan dengan baik dan hari ini diganjar penghargaan dari Kemendagri," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved