Breaking News:

Tribun Jeneponto

Kontrol Kasus Penyakit Kusta di Jeneponto, Direktur National NRL Indonesia Kunjungi Dinkes

Terdapat 38 kasus kusta di Kabupaten Jeneponto pada tahun 2020 hingga masuk bulan Maret 2021 ada tambahan 4 kasus.

Dinas Kesehatan Jeneponto
Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto menerima kunjungan NRL Indonesia, Rabu (3132021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Terdapat 38 kasus kusta di Kabupaten Jeneponto pada tahun 2020 hingga masuk bulan Maret 2021 ada tambahan 4 kasus.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Syusanti Mansur.

Dengan adanya temuan kasus kusta, Dinkes Jeneponto mendapatkan kunjungan dari yayasan Netherlands Leprosy Relief (NLR), Selasa 30 Maret kemarin.

"Netherlands Leprosy Relief(NLR) sebuah yayasan yang fokus terhadap penyakit Kusta di Indonesia mengunjungi Dinas Kesehatan," ujarnya, Syusanti Mansur, saat di konfirmasi tribun Jeneponto, Rabu (31/3/2021)

Kunjungan Direktur National NLR Indonesia, Asken Sinaga beserta timnya untuk memantau kegiatan NLR yang dirogram oleh (Masyarakat Ramah Disabilitas dan Kusta) MARDIKA. 

"Kedatangan NLR dalam rangka pemantauan kegiatan NLR di Jeneponto salah satunya adalah Project MARDIKA," ungkapnya.

Sementara, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes, Suryaningrat menyampaikan bahwa baru 2 Kabupaten yang mewujudkan daerah inklusi biar tak dianggap negatif bagi masyarakat.

"Cirebon dan Jeneponto dengan tujuan utama project ini mewujudkan desa yang inklusi atau ramah disabilitas dan kusta dengan upaya tidak menjadi stigma negatif, sehingga penyandang disabilitas maupun Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) dapat hidup seperti masyarakat pada umumnya," tuturnya.

Hal yang sama juga diungkap oleh konsultan NLR Jeneponto, Dr. Astri Ferdiana mengaku Peer Konseling ini bertujuan menangani penyakit kusta.

"Dengan kegiatan-kegiatan NLR di Jeneponto diharapkan kusta di Jeneponto tidak menjadi masalah baik secara medis maupun psikologis sehingga penderita kusta dapat mandiri dan produktif," 

Laporan Kontributor Tribun Jeneponto, Rakib

Penulis: Muh Rakib
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved