Breaking News:

Tribun Makassar

Berinvestasi di Sulsel Kian Mudah, Pemprov-DPRD Teken Ranperda Beri Insentif

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaimam bersama Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari meneken Ranperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi

Humas Pemprov Sulsel
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaimam bersama Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari meneken Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (3032021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaimam bersama Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari meneken Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (30/3/2021).

Andi Sudirman mengatakan, ranperda tersebut merupakan inisiatif DPRD Sulsel dan telah difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pengkajian secara yuridis formal dan materill. 

"Perda ini bertujuan untuk menarik dan merangsang penanam modal untuk melakukan penanaman modal di Sulsel dalam rangka menciptakan iklim investasi yang lebih baik, meningkatkan akses dan kemampuan ekonomi, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Andi Sudirman dalam sambutannya.

Perda ini disusun untuk melaksanakan ketentuan Pasal 7 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan kemudahan investasi di daerah.

Guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulsel, sangat diperlukan peningkatan investasi yang signifikan.

"Salah satunya dengan cara pemberian insentif atau kemudahan pada investor, sehingga dapat mengurangi hambatan-hambatan dan dapat menciptakan daya tarik bagi investor untuk datang dan menanamkan modalnya di Sulsel," katanya.

"Dengan adanya Ranperda tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi ini, tentu juga merupakan dukungan positif bagi pemerintah daerah, karena dapat menumbuhkan minat investor ke Sulsel yang nantinya akan berimbas pada perkembangan ekonomi dan kemajuan pembangunan di Sulawesi Selatan, yang diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulsel, kata ASS, memang sangat diperlukan peningkatan investasi yang signifikan. Salah satunya dengan cara pemberian insentif atau kemudahan kepada investor, sehingga dapat mengurangi hambatan-hambatan dan dapat menciptakan daya tarik bagi investor untuk datang dan menanamkan modalnya.

"Pemerintah Sulsel harus mempunyai kapasitas yang memadai serta mampu mengimbangi dinamika dan tuntutan investasi, agar modal yang ditanam maupun yang akan ditanamkan di daerahnya dapat terjaga," ujarnya.

"Karena itu, tugas pemerintah adalah memastikan bahwa investor merasa aman untuk datang menanamkan modalnya serta mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mendukung iklim investasi yang lebih baik," tambahnya.

Para Fraksi DPRD Sulsel menyetujui Ranperda dengan beberapa catatan. Dilanjutkan penandatanganan persetujuan bersama antara DPRD Sulsel dan Gubernur Sulsel untuk Ranperda Tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Investasi. (*)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved