Breaking News:

Vaksin Covid

Survei: Warga Mau Divaksin Jika Prabowo Subianto Juga Sudah Divaksin

Sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan dokter diyakini mampu meningkatkan kesediaan masyarakat untuk menerima vaksinasi.

Editor: Muh. Irham
KOMPAS.COM/ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto 

TRIBUNTIMUR.COM - Sebuah survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan, 73,3 persen masyarakat mau divaksin Covid-19 jika Prabowo Subianto juga sudah divaksin.

Sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan dokter diyakini mampu meningkatkan kesediaan masyarakat untuk menerima vaksinasi.

"Jika tahu Prabowo Subianto sudah divaksin, ada 73,3 persen yang pasti mau divaksin, 20,8 persen tidak pasti mau divaksin, dan 5,9 persen tidak menjawab," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Sementara itu, ada 73,6 persen masyarakat yang mengaku mau divaksin jika mengetahui dokter sudah divaksin.

Lalu, 20,2 persen mengaku tidak pasti mau divaksin, dan 6,3 persen tidak menjawab. Hasil survei juga menunjukkan bahwa sosok Presiden Joko Widodo tak terlalu kuat dalam mempengaruhi kesediaan warga untuk divaksin.

Jika tahu Jokowi sudah divaksin, sebanyak 66,4 persen warga mau divaksin, 23,4 persen tidak pasti mau divaksin, dan 10,2 persen tidak menjawab.

Kemudian, jika tahu ketua partai yang didukung sudah divaksin, sebanyak 53,1 persen warga pasti mau divaksin, 36,4 persen tidak pasti mau divaksin, dan 10,5 persen tidak menjawab.

Lalu, jika tahu tokoh agama sudah divaksin, ada 60,2 persen warga yang pasti mau divaksin, 27,8 persen tidak pasti mau divaksin, dan 12 persen tidak menjawab.

"Jika tahu tokoh adat atau suku sudah divaksin, ada 65,1 persen yang pasti mau divaksin, 25,5 persen tidak pasti mau divaksin, dan 9,4 persen tidak menjawab," ujar Deni.

Kendati demikian, kata Deni, survei menunjukkan bahwa kesediaan melakukan vaksinasi di kalangan pemilih Prabowo pada Pilpres 2019 hanya 46 persen, atau jauh di bawah pemilih Jokowi sebesar 71 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved