Breaking News:

Tribun Sinjai

Kontraktor di Sinjai Bimtek Cegah Kecelakaan Kerja

Padahal keselamatan konstruksi merupakan salah satu elemen penting dalam tender apabila RKK tidak dicantumkan

TRIBUN TIMUR/SAMSUL BAHRI
Sosialisasi Keselamatan Kerja olah PUPR Sinjai 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Kementerian PUPR memberikan bimbingan teknis kepada 50 orang pengusaha konstruksi di Hotel Grand Rofina, Kabupaten Sinjai, Senin (29/03/2021).

Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) sengaja digelar agar para pengusaha konstruksi di Sinjai memahami pentingnya keselamatan kerja.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan menyampaikan bahwa kegiatan itu dilaksanakan karena masih minimnya petugas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Kabupaten Sinjai yang memiliki sertifikat.

Padahal keselamatan konstruksi merupakan salah satu elemen penting dalam tender apabila RKK tidak dicantumkan dalam dokumen penawaran, maka penawaran dapat dinyatakan gugur.

" Ini dilakukan untuk memberikan pemahaman edukasi kepada para pengusaha konstruksi agar memahami pentingnya menerapkan standar keselamatan dalam bekerja," kata Haerani Dahlan.

Kegiatan ini diharapkan berkontribusi positif dalam menjawab tantangan dan menciptakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pekerja konstruksi, khususnya di Kabupaten Sinjai.

Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Kementerian PUPR, Afandi Andi Basri menjelaskan bahwa melalui Bimtek ini, pihaknya memberikan pelatihan dalam hal manajemen keselamatan konstruksi.

" Seluruh peserta ini kita rekrut dari penyedia jasa, baik dari kontraktor atau konsultan dan juga dari pengguna jasa dari ASN yang bekerja di bidang kontruksi terkait manajemen keselamatan konstruksi," jelasnya.

Sebelumnya terdapat seorang pekerja konstruksi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai Desember lalu. Pekerja bangunan itu asal Surabaya, Jawa Timur itu mengalami luka serius setelah terjatuh dari lantai III ke dasar.

Pekerja tersebut dirujuk ke RSU Wahidin Makassar lalu untuk mendapatkan perawatan medis.

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved