Breaking News:

Hutan Bakau

Hutan Bakau di Pelabuhan Bangsalae Siwa Dibabat dan Diklaim Warga, Celakanya Camat Ngaku Tak Tahu

Kawasan hutan bakau di Pelabuhan Bangsala'e Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo dibabat orang tak diketahui (OTK).

Tribun Timur
Kawasan hutan bakau di Pelabuhan Bangsala'e Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo dibabat orang tak diketahui (OTK) 

TRIBUNWAJO.COM, PITUMPANUA - Kawasan hutan bakau di Pelabuhan Bangsala'e Siwa, Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo dibabat orang tak diketahui (OTK).

Masyarakat setempat yang mengetahui hal itu geram. Pasalnya, tanaman penahan abrasi itu sengaja ditanam untuk melindungi pesisir laut di kawasan pelabuhan.

"Aktivitas ini tidak boleh dibiarkan. Hanya karena kepentingan oknum tertentu lalu tanaman bakau ini dibabat habis," kata salah seorang warga, Suparto, kepada Tribun Timur, Sabtu (27/3/2021).

Suparto menyebutkan, pemerintah setempat mesti turun tangan menyikapi pembabatan pohon bakau ini.

Sebab, pohon bakau itu berada di tanah negara lalu diklaim oleh seorang warga bernama Abdul Latif, sebagaimana plan yang terpasang.

"Pemerintah harus bertindak. Pertama, pohon bakau berfungsi mencegah abrasi di pantai. Kedua, itu berada di tanah negara. Dan ketiga, tanah itu diklaim warga," sambung Suparto.

Terpisah, Camat Pitumpanua, Andi Nisrina yang dikonfirmasi mengaku belum mengetahui aktivitas pembabatan tanaman bakau di pesisir Pitumpanua itu.

Padahal, sudah lebih dari sebulan bakau itu meranggas di tepi pantai

"Saya akan konfirmasi Pak Lurah dulu. Saya tidak pernah terima laporannya. Harus saya cari tahu lebih detail dulu," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved