Breaking News:

Obrol Otomotif Tribun Timur

Relaksasi PPnBM Nol Persen Jadi Angin Segar Industri Otomotif

pemberlakuan relaksasi ini bukan tanpa alasan, sebab kebijakan dilakukan berdasarkan berbagai pertimbangan.

Screenshot Youtube
Tangkapan layar Obrol Otomotif Tribun Timur via YouTube, Jumat (26/3/2021) 

Relaksasi PPnBM Nol Persen Jadi Angin Segar Industri Otomotif

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dalam waktu dekat, tepatnya April mendatang, pemerintah kabarnya akan memperluas insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil 1.500 hingga 2.500 cc.

Perluasan diberikan dengan harapan, industri otomotif dan turunannya bisa lebih cepat mengalami pemulihan usai terpukul cukup parah akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air sejak Maret 2020 lalu.

Salah satu produk Toyota - Kalla Toyota kembali menggelar Customer Gathering Online untuk ke-36 kali dengan tema Lokal Bisa Tongji,Kamis (18/2/2021).
Salah satu produk Toyota - Kalla Toyota kembali menggelar Customer Gathering Online untuk ke-36 kali dengan tema Lokal Bisa Tongji,Kamis (18/2/2021). (ISTIMEWA)

Direktur Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Sulsel, Endang Kurnia Saputra, mengatakan, pemberlakuan relaksasi ini bukan tanpa alasan, sebab kebijakan dilakukan berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Nah kenapa pemerintah harus menyasar dulu kendaraan atau otomotif, karena industri ini yang punya supply chain-nya paling besar. Artinya kalau ini (industri otomotif) bergerak, maka bisa menghidupi berbagai industri lainnya," jelasnya saat tampil sebagai narasumber Obrol Otomotif, Jumat (26/3/2021).

Selain itu, lanjut dia, diyakini dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang memang sangat terpukul akibat pandemi.

“Sekarang pun sudah mulai terlihat efek PPnBM. Seperti pertumbuhan ekonomi sudah mulai kelihatan seperti Sulsel juga, “ tambahnya.

Cantiknya Sales Promotion Girls (SPG) pameran mobil GIIAS Makassar 2019 di Celebes Convention Center, Rabu (11/9/19).
Cantiknya Sales Promotion Girls (SPG) pameran mobil GIIAS Makassar 2019 di Celebes Convention Center, Rabu (11/9/19). (Sanovra/tribun-timur.com)

Pada kesempatan sama, Ketua Asosiasi Dealer Resmi Kendaraan Bermotor (ADRKB) Sulawesi, Hariyadi Kaimudin sangat menyambut baik relaksasi tersebut.

Ia ibaratkan bak angin segar bagi industri otomotif Indonesia yang dapat menimbulkan dampak positif.

“Memberi napas baru bagi industri otomotif yang belakangan ini mengalami tahun yang berat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved