Breaking News:

Suket Covid Palsu

Polemik Suket Covid-19 Palsu, Ini Kata Wakil Bupati Soppeng

Kasus dugaan penerbitan surat keterangan (suket) Covid-19 palsu di Kabupaten Soppeng terus berlanjut.

Tribun Timur
Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide 2603 

TRIBUNSOPPENG.COM, WATANSOPPENG - Kasus dugaan penerbitan surat keterangan (suket) Covid-19 palsu di Kabupaten Soppeng terus berlanjut.

Selain telah diperiksa di Polres Soppeng, Inspektorat Daerah Kabupaten Soppeng juga melakukan pemeriksaan.

"Inspektorat sudah lakukan pemeriksaan sejak tanggal 19 malam," kata Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide, Jumat (26/3/2021).

Lutfi menambahkan, sejauh ini sudah banyak saksi yang dipanggil. Sayangnya, dirinya tak merinci berapa orang yang telah dimintai keterangannya di Inspektorat Daerah.

"Sudah banyak (diperiksa) dan masih ada beberapa yang akan dipanggil untuk diambil keterangannya. Baik pemberi maupun penerima. Bahkan, ada yang sudah dua kali dipanggil," katanya.

Ditanya perihal sanksi, Lutfi enggan menjawab banyak. Menurutnya, apapun hasil rekomendasi dari pemeriksaan Inspektorat, itulah yang akan dijalankan.

"Kita belum tahu sanksinya, kan tergantung tingkatan pelanggarannya, ada pelanggaran ringan, sedang, dan berat," katanya.

Surat tugas yang diterbitkan Inspektorat Daerah Kabupaten Soppeng terkait pemeriksaan siapa saja yang terlibat dalam penerbitan suket Covid-19 palsu itu akan dilakukan sampai 31 Maret 2021.

Namun, mantan Staf Ahli Mentan RI itu menyebutkan, hasil pemeriksaan di Inspektorat akan diumumkan secepatnya.

"Insya Allah, Senin. Paling lambat Selasa kita sampaikan ke publik," katanya.

Sebagaimana diketahui, isu suket Covid-19 palsu yang diterbitkan RSUD Latemmamala Watansoppeng mulai mencuat pada 17 Maret 2021 lalu.

Tokoh pemuda Soppeng, Andi Akbar yang juga menjabat Sekretaris KNPI Soppeng membuat surat terbuka dan menyebut ada lebih 100 suket palsu yang diterbitkan.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved