Breaking News:

Suket Covid Palsu

Pemalsuan Suket Covid-19 di Soppeng, Polisi Periksa 20 Orang

Sebagaimana tertuang pada pasal pasal 267 ayat (1) serta pasal 268 ayat (1) dan ayat (2) dengan pidana penjara 4 tahun.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/HARDIANSYAH
Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide. 

TRIBUNSOPPENG.COM, WATANSOPPENG - Polres Soppeng terus melakukan penyelidikan terkait penerbitan surat keterangan (suket) Covid-19 palsu di lingkup RSUD Latemmamala Watansoppeng.

Kasat Reskrim Polres Soppeng, AKP Amri menyebutkan, sejauh ini pihaknya telah memeriksa 20 orang sekaitan hal itu.

"Bahwa dari 20 orang itu ada tiga unsur. Satu, pihak rumah sakit yang mengeluarkan. Dua, pihak penerima suket atau pengguna. Ketiga, itu saksi-saksi lain yang mendengar atau melihat itu," katanya, Jumat (26/3/2021).

Lebih lanjut, AKP Amri belum bisa mengambil kesimpulan terkait proses penyelidikan. Namun, pihaknya berjanji akan sesegera mungkin untuk menentukan apakah kasus itu masuk ranah pidana.

"Target tetap ada, bukan ke naik sidiknya. Tapi target penyelidikannya adalah bagaimana kita temukan bukti awal untuk mengetahui itu masuk pidana atau bukan," katanya.

Bila terbukti, sambung Amri, pelaku yang terlibat bakalan dikenakan pasal tentang pemalsuan dokumen. Sebagaimana tertuang pada pasal pasal 267 ayat (1) serta pasal 268 ayat (1) dan ayat (2) dengan pidana penjara 4 tahun.

Sementara itu, Inspektorat Daerah Kabupaten Soppeng juga telah melakukan pemeriksaan internal.

"Inspektorat sudah lakukan pemeriksaan sejak tanggal 19 malam," kata Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide, Jumat (26/3/2021).

Lutfi menambahkan, sejauh ini sudah banyak saksi yang dipanggil. Sayangnya, dirinya tak merinci berapa orang yang telah dimintai keterangannya di Inspektorat Daerah.

"Sudah banyak (diperiksa) dan masih ada beberapa yang akan dipanggil untuk diambil keterangannya. Baik pemberi maupun penerima. Bahkan, ada yang sudah dua kali dipanggil," katanya.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved