Breaking News:

Tribun Sulsel

Lanjutkan Pembangunan Stadion Mattoanging, Kadispora Sulsel: Pemkot Tak Miliki Kewenangan

tahapan proses pembangunan stadion Mattoanging sepenuhnya tertuang dalam Perda APBD Provinsi Sulsel

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Imam Wahyudi
Humas Pemprov Sulsel
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulsel Andi Arwin Azis 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan (Dispora Sulsel) terus memonitor pembangunan Stadion Mattoanging Makassar pada tahun 2021 ini.

Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, tahapan proses pembangunan stadion Mattoanging sepenuhnya tertuang dalam Perda APBD Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2021.

"Sehingga, kami masih terus bekerja. Sekarang kan sedang proses tender MK (Manajemen Konstruksi), juga masih berlangsung prosesnya di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) biro PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa),” kata Arwin, Jumat (26/3/2021) siang.

Meskipun beberapa izin pembangunan stadion Mattoanging disoalkan Pemkot Makassar, Arwin tidak ambi pusing, mengingat pemkot tidak memiliki kewenangan terkait pembangunan.

“Pemkot tak miliki kewenangan. Bukan asetnya dan bukan juga program kegiatannya. Namun Itu semua bagian dari dinamika dalam pembangunan, yang penting semua tahapan senantiasa berpedoman dengan aturan,” jelas Arwin.

Apalagi kata dia, dalam pembangunan stadion Mattoanging Makassar dikawal Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Tim Teknis dari Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) hingha Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari Inspektorat.

Selain izin, Pemkot juga mempermasalahkan kapasitas stadion yang melanggar regulasi terutama akan berdampak pada Andalalin.

Arwin mengatakan, semuanya masih mengikut dari desain awal.

“Kalau mau standar FIFA wajib memang berkapasitas 40 ribu. Sampai sekarang belum ada yang diubah dari perencanaan awal sebagaimana hasil dari penyusunan DED,” katanya.

Respon Danny Pomanto

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, terkait kapasitas stadion Mattoanging yang baru, ia kaget karena kapasitasnya di angka 60 ribu orang.

"Kapasitasnya saya protes, saya pikir 40 ribu, ternyata 60 ribu, naik. Saya baru tahu sekarang," katanya.

Awalnya, lanjut Danny Pomanto, Stadion Mattoanging berkapasitas 15 ribu.

"Yah kapasitas 15 ribu dengan perbaikan tempat duduk dan lainnya cocoklah," jelasnya

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved