Breaking News:

Bawaslu Sinjai

Ketua Bawaslu Sinjai Latih Staf Humas Jadi Jurnalis

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melatih sejumlah stafnya menjadi jurnalis.

Tribun Timur
Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad sedang membawa materi kehumasan di acara Bawaslu Sinjai di Batu Pake Gojeng, Sinjai, Jumat (25/3/2021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI UTARA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melatih sejumlah stafnya menjadi jurnalis.

Kegiatan pelatihan itu bertempat di alam terbuka hijau Objek Wisata Taman Batu Pake Gojeng, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (25/3/2021). 

Ketua Bawaslu Sinjai A Rusmin Kayyung menyampaikan bahwa pelatihan ini tujuannya agar para staf memiliki kemampuan memproduksi news khususnya kegiatan di Bawaslu Sinjai

"Sengaja kami lakukan pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas keilmuan jurnalistik para staf. Sehingga memiliki kemampuan untuk menjalankan tugas jurnalis untuk memperlancar penyeberluasan informasi kami," kata Rusmin Kayyung. 

Kedepannya, kata Rusmin, kegiatan Bawaslu dapat terpublikasi ke publik termasuk berbagai produk hukum lembaga itu bisa dengan cepat sampai di masyarakat. 

Dalam pelatihan itu, hadir Koordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Saiful Jihad.

Ia mengajak para pegawai Bawaslu Sinjai untuk berperan menciptakan citra baik lembaga pengawas pemilu itu dan mengomunikasikan segala bentuk informasi tentang Bawaslu kepada publik melalui karya jurnalistik.
" Kita-kita ini harus bangun jejaring dan meningkatkan kapasitas kita masing-masing sebagai Bawaslu dengan menyampaikan citra positif kepada publik melalui karya jurnalistik yang diproduksi oleh humas," kata Saiful Jihad.

Dengan kemampuan jurnalistik yang dimiliki jajaran Bawaslu khususnya di Sinjai dapat membentuk persepsi publik terhadap wajah kelembagaan yang baik. Sebab setiap pemilihan Bawaslu sering diterpa citra buruk di masyarakat.  

Dalam kondisi seperti itu maka peran Humas pada situasi itu sangat dibutuhkan agar bisa mengembalikan citra positif Bawaslu di Masyarakat.

Humas harus cerdas dan kreatif dalam mengemas berita, olehnya itu teman-teman Panwascam, staf sekretariat serta Panwaslu kelurahan/desa harus bisa memaksimalkan pemanfaatan media sosial dalam menyebarluaskan pengawasan dan pencegahan yang telah dilakukan.

Dia juga berharap agar produk media yang dihasilkan oleh jurnalis Bawaslu memiliki variatif yang tak hanya kegiatan Bawaslu tetapi juga bisa membuat ragam tulisan yang menarik dan menghibur pembaca seperti kisa inspiratif petugas pengawas pemilu. 

Selain itu staf humas Bawaslu juga bisa memediasi opini demokrasi para pegiat sosial, politik dan pegiat literasi demokrasi di Sinjai. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved