Breaking News:

Honorer Pungli

Honorer Ketahuan Pungli, Paksa Sopir Truk Membayar Sebelum Lewati Jalan Poros di Pasangkayu

im Sapu Bersih (Saber) pungli Polres Pasangkayu melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terduga pelaku pungutan liar (pungli).

Tribun Timur
Tim Saber Pungli Polres Pasangkayu saat melakukan OTT pelaku pungutan liar di cek point pemeriksaan hewan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pasangkayu di Dese Sarjo, Kecamatan Sarjo, Kecamatan Sarjo, Jumat (25/3/21) malam. (humas) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Tim Sapu Bersih (Saber) pungli Polres Pasangkayu melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terduga pelaku pungutan liar (pungli).

Aksi pungli itu didapati di cekpoint pemeriksaan hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu, Jalan Poros Trans Sulawesi, tepat di Dusun Rojo, Desa Sarjo, Kecamatan Sarjo, Kecamatan Sarjo, Jumat (25/3/21) malam. 

Pelaku inisial MS (38) seorang honorer di Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pasangkayu.

"Pelaku melakukan pungutan liar kepada para supir mobil yang mengangkut ternak, buah-buahan, dan sayuran yang melintas ke luar ataupun masuk ke Kabupaten Pasangkayu,"kata Itwasda Polda Sulbar Kombes Pol Z. Agus Binarto kepada wartawan di Mamuju, Jumat (26/3/2021).

Dia mengatakan, pelaku memaksa para sopir untuk membayar sejumlah uang untuk menerbitkan SKKH kepada para supir pengangkut ternak dan sebagainya apabila ingin melintas keluar ataupun masuk ke Kabupaten Pasangkayu 

"Tak hanya itu, SKKH yang diterbitkan terduga pelaku adalah palsu dengan modus menggunakan tanda tangan dan stempel palsu,"ungkap Kombes Pol Z. Agus Binarto. 

Dari tangan pelaku, Tim Saber Pungli mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 1.010.000,- dalam pecahan Rp 100.000 empat lembar, pacahan Rp 50.000 sembilan lembar dan pecahan Rp 20.000 delapan lembar.

"Barang bukti lainnya satu lembar catatan pemuat ternak yang lewat dari bulan Februari dan Maret, satu lembar Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), satu buah stempel lalu lintas ternak Kabupaten Pasangkayu cekpoint Sarjo, satu buah stempel dan tinta Dinas Perkebunan dan Peternakan, lampu gatur lantas, ID Card petugas Lalu Lintas Ternak, senter serta bukti kuat voto dan video saat terjadi pungli dan saat penangkapan,"tuturnya.

Pelaku dan barang bukti, kata dia, saat ini diamankan di Mapolres Pasangkayu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.(tribun-timur.com).

Penulis: Nurhadi
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved