Breaking News:

Kementan

Dikawal Tim GSGP Kementerian Pertanian, Brebes dan Tegal Siap Serap Gabah 11 Ribu Ton

Kementerian Pertanian RI atau Kementan melalui Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani (GSGP) bersama Perum Bulog dan Kostraling telah membuat

Editor: Edi Sumardi
DOK TRIBUNNEWS.COM/REYNAS ABDILA
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Pertanian RI atau Kementan melalui Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani (GSGP) bersama Perum Bulog dan Kostraling telah membuat kesepakatan kesanggupan menyerap gabah/beras di Kabupaten Brebes dan Tegal, Jawa Tengah.

Beberapa gabah sisa panen Maret dan April 2021 diserap Bulog dengan harga yang menguntungkan petani.

Devi Setia Bakti, Penanggung Jawab GSGP Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan yang bertugas di Kabupaten tersebut, mengutarakan agar Bulog dapat menyelamatkan panen untuk mengisi cadangan pangan pemerintah dan membantu petani dalam menstabilkan harga gabah saat panen raya, melalui mitra Bulog.

“Setelah kesepakatan Mitra Bulog diharapkan sudah mulai bergerak menyerap gabah sesuai ketentuan. Selain itu agar Poktan/Gapoktan memaksimalkan bantuan pemerintah, seperti dryer untuk meningkatkan kualitas gabah,” kata Devi.

Demikian siaran pers Kementan kepada Tribun-Timur.com, Kamis (25/3/2021).

Wakil dari Kantor Perum Bulog Cabang Pekalongan yang membawahi wilayah Brebes, Andrika Yunianto menyatakan komitmen Bulog untuk menyerap semaksimal mungkin gabah petani di musim rendeng ini.

“Kami siap menyerap gabah sebesar 11.000 ton GKG,” ujar Andrika.

Hal yang sama juga disampaikan wakil Kantor Perum Bulog Cabang Tegal, Heriswan yang menyatakan kesiapannya menyerap 11.000 ton GKG.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tegal, Toto Subandrio menyampaikan beberapa wilayah memang harga gabah lebih rendah dari HPP.

Oleh karena itu dia sangat bersyukur dengan telah disepakatinya pembelian beras dari wilayah Tegal sebanyak 11.000 ton.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved