Breaking News:

Tribun Business Forum

BBM Berkualitas Masa Depan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

BBM dengan kadar oktan tinggi lebih ramah lingkungan karena rendah emisi, sehingga diharapkan ke depan emisi gas dapat berkurang

Penulis: Dian Amelia | Editor: Imam Wahyudi
tribun timur
Tribun Business Forum, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Energi dan lingkungan merupakan dua sektor yang kerap berlawanan, membuat pertumbuhan ekonomi masih didominasi energi berbasis fosil menyebabkan peningkatan jumlah emisi setiap tahunnya yang berakibat buruk terhadap lingkungan dan kesehatan, karena itu, dalam menjalankan roda perekonomian yang berkesinambunan diperlukan energi yang ramah lingkungan.

Menurut Senior Supervisor Communication Relation PT Pertamina Regional Sulawesi, Taufiq Kurniawan, Sejak tanggal 21 Maret 2021 Pertamina meluncurkan promo untuk memancing masyarakat menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas.

" Ini sebenarnya hanya edukasi Pertamina yang menggelar program Langit Biru di Makassar dengan mengadakan promo pembelian BBM Pertalite seharga Premium di beberapa SPBU, lewat program ini, Pertamina mengajak masyarakat Kota Makassar beralih dari bahan bakar beroktan rendah ke bahan bakar berkualitas seperti Pertalite RON," ujarnya dalam program Tribun Business Forum, Kamis (25/3/2021).

Diketahui, BBM dengan kadar oktan tinggi lebih ramah lingkungan karena rendah emisi, sehingga diharapkan ke depan emisi gas dapat berkurang dan angka polusi udara bisa ditekan.

" Kita bukannya mengahapus premium dari sini tetapi menyediakan porsi BBM berkualitas dengan lebih besar untuk masyarakat perkotaan, apalagi untuk kendaraan - kendaraan yang kita pakai, kemudian  pertamina secara rasional sudah dituntut untuk menyediakan bahan bakar yang lebih berkualitas di masyarakat, dan kita lakukan secara bertahap mulai dari Jawa, Jogja dan Bali," jelasnya.

Olehnya itu, upaya mengurangi pencemaran udara dapat dilakukan di sektor transportasi melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan, salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Dirinya menjelaskan, program Langit Biru mulai dijalankan di Makassar pada 21 Maret 2021 dengan memberikan harga khusus pembelian Pertalite seharga Premium, yakni Rp 6,450 per liter atau lebih hemat Rp 1,400 dari harga normal Pertalite.

" ini sebenarnya miris yah sebab konsumsi premium dibanding yang lainnya itu masih jauh, namun sekarang kita melihat masyarakat seiring dengan jejak sosialiasasi dan edukasi serta promo yang kita laksanakan itu, masyarakat sudah menyadari bahwa kendaraannya mereka itu harus di isi dengan apa nanti,"jelasnya.

" Ini juga menjadi tren yang positif bagi masyarakat untuk gaya hidup berkendara, jika kita harus pelan-pelan mengubah gaya hidup ke arah BBM yang lebih ramah lingkungan nanti ke depannya," tambahnya.

Kendadati demikian, dengan harga khusus Pertalite, Pertamina mengajak konsumen merasakan pengalaman baru berkendara dengan menggunakan BBM berkualitas, agar mesin kendaraan lebih awet dan bertenaga.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved