Breaking News:

Aplikasi Android Anda Bermasalah & Error? Termasuk Facebook, Bisa Jadi Ini Penyebabnya, Cara Atasi

Sebuah perubahan yang diterapkan pada WebView baru-baru ini membuat aplikasi yang menggunakannya jadi tak bisa berjalan.

Editor: Ina Maharani
Istimewa
Google resmi luncurkan Android 11 

TRIBUN-TIMUR.COM  Sejumlah aplikasi Android eror hari ini.

Tidak bisa diakses dan dibuka.

Apakah Anda mengalami?

Sejumlah pengguna Android hari ini mengeluhkan beberapa aplikasi di perangkat miliknya mengalami error. Beberapa aplikasi yang terdampak di antaranya adalah aplikasi Gmail, Facebook, dan Amazon.

Dilansir kompas.com, pengguna Android di Indonesia melaporkan masalah serupa di Twitter. Misalnya seperti akun Twitter dengan handle @FianHyde yang mengaku aplikasi Dana, Shopee, dan Line di perangkat miliknya crash.

Usut punya usut, ternyata penyebab dari masalah error pada aplikasi Android ini adalah WebView System Android. WebView adalah aplikasi pre-installed alias bawaan Android yang memungkinkan pengembang menampilkan halaman web di dalam aplikasi.

Sebuah perubahan yang diterapkan pada WebView baru-baru ini membuat aplikasi yang menggunakannya jadi tak bisa berjalan.

Android System Webview versi 89.0.4389.105 yang sudah berisi perbaikan dari Google untuk aplikasi yang sering crash

Android System Webview versi 89.0.4389.105 yang sudah berisi perbaikan dari Google untuk aplikasi yang sering crash(KOMPAS.com/ OIK YUSUF)

Karena itu, salah satu solusi awalnya adalah menghapus update WebView untuk mengembalikannya ke versi sebelumnya, seperti diutarakan oleh pengguna Twitter lain dengan handle @Pransiskaade.

Google selaku pengembang Android telah membuat perbaikannya. Google menyarankan para pengguna Android untuk memperbarui Android System WebView ke versi 89.0.4389.105 dan browser Google Chrome ke versi paling akhir.

"Memperbarui WebView System Android dan Google Chrome melalui Google Play sekarang akan menyelesaikan masalah tersebut," kata juru bicara Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BBC, Selasa (23/3/2021).

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan pengguna untuk memperbarui WebView Sistem Android.

  • Buka aplikasi Play Store
  • Cari WebView System Android
  • Klik opsi perbarui atau update

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan pengguna untuk memperbarui peramban Google Chrome.

  • Buka aplikasi Play Store
  • Cari Google Chrome
  • Klik opsi perbarui atau update

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved