Breaking News:

Tribun Enrekang

Pemkab Enrekang Ikuti Penilaian APE, Optimis Penuhi 7 Komponen Kunci

Muslimin Bando menyampaikan komitmen kuat Pemkab Enrekang dalam mendukung pengarusutamaan gender. 

TRIBUN TIMUR/AZIS ALBAR
Pemerintah Kabupaten Enrekang mengikuti verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara daring, dari Rujab Bupati Enrekang, Selasa (23/3/2021). 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Pemerintah Kabupaten Enrekang mengikuti verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara daring, dari Rujab Bupati Enrekang, Selasa (23/3/2021).

Hadir pada acara itu, Bupati Enrekang Muslimin Bando dan Wakil Bupati, Asman, serta jajaran OPD terkait.

Muslimin Bando menyampaikan komitmen kuat Pemkab Enrekang dalam mendukung pengarusutamaan gender. 

Diantaranya tertuang pada  RPJMD 2018 - 2023 dengan sasaran terwujudnya Kesetaraan dan Keadilan Gender di berbagai Aspek Pembangunan.

Selain itu, Pemkab Enrekang juga telah menelurkan sejumlah regulasi berkaitan dengan gender. 

Diantaranya Perda No. 07 Tahun 2018, Perda Nomor 08 Tahun 2018 dan Perda Nomor 11 Tahun 2019 tentang Pengarusutamaan Gender.

"Kita juga telah membentuk Pokja Pengarusutamaan Gender (PUG) serta tim teknis Anggaran Responsif Gender (ARG) " Imbuhnya.

Enrekang bahkan menyiapkan anggaran sejak 2019 lalu, dengan presentasi mencapai 22 persen untuk program terkait pembangunan gender.

Tak lupa, peran serta masyarakat dalam pengarusutamaan gender juga terasa, lewat organisasi Gugah Nurani Indonesia (GNI), Wahana Visi Indonesia (WVI) dan PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat).

Penghargaan APE sendiri sebagai penghargaan tertinggi dari Pemerintah RI yang diberikan kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota yang berhasil melaksanakan integrasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam seluruh aspek pembangunan di daerah

Enrekang sendiri optimis telah memenuhi 7 (tujuh) Komponen kunci verifikasi APE. Yaknii: Komitmen, Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran, Alat Analisis Gender, Data Gender dan Partisipasi Masyarakat.

"Kita harap dengan prakarsa dan prestasi  dalam pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Bumi Massenrempulu, dapat berbuahpengakuan dari pemerintah pusat lewat penghargaan APE ini," tutur Muslimin Bando.

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved