Breaking News:

Tribun Bone

Bola Soba Terbakar, Kepala Balar Sulsel: Warisan Budaya Bugis

Api baru berhasil dipadamkan, setelah 6 armada dan 70 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Bone diturunkan.

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Rumah adat Bola Soba Kabupaten Bone terbakar, Sabtu (2032021) 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Rumah Adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar pada Sabtu (20/3/2021) dini hari.

Api baru berhasil dipadamkan, setelah 6 armada dan 70 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Bone diturunkan.

Bola Soba yang berada Jl Latenritatta, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang hanya menyisakan tiang saja. Atap Bola Soba ludes terbakar. Hanya menyisakan teras depan beserta tangganya.

Beruntung, tidak ada benda pusaka asli yang terbakar. Hanya replika saja, seperti replika silsilah kerajaan, baju bodo, meriam dan teddung pulaweng.

Benda pusaka asli tersimpan di Museum Arajangnge, Kompleks Rujab Bupati Bone di Jl Petta Poenggawa, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang.

Kepala Balai Arkeologi (Balar) Sulsel, Irfan Mahmud, merasa sedih dan turut berduka atas kebakaran yang melanda bangunan yang memiliki nilai budaya dan sejarah ini.

"Bola Soba adalah bukti sejarah penting, warisan kearifan pengetahuan arsitektur, arkeologi dan seni. Warisan kebudayaan bugis abad-19. Saya turut berduka dan kehilangan Bola Soba," ucapnya.

Menurut dia, Bola Soba merupakan wadah tradisi dan pengetahuan Bugis. Maka dari itu, perlu rekonstruksi & revitalisasi kembali.

"Untuk mewujudkannya, beberapa dokumentasi dan hasil riset bisa jadi bahan rujukan, agar keaslian dapat terjaga," kata alumni arkeologi Unhas ini.

Untuk diketahui, hingga sekarang polisi masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran. Garis polisi masih terpasang dan Bola Soba dijaga oleh Satpol-PP Bone.

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved