Breaking News:

Tribun Bone

Rumah Adat Bola Soba Terbakar, Begini Tanggapan Nurdin Halid

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, AM Nurdin Halid ikut prihatin atas kebakaran rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel)

TRIBUN-TIMUR.COM/ARI MARYADI
Nurdin Halid berkunjung ke Redaksi Tribun Timur dalam perayaan ulang tahun, Februari 2020 lalu. (Foto Ari Maryadi Tribun Timur) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Wakil Ketua Umum Partai Golkar, AM Nurdin Halid ikut prihatin atas kebakaran rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (20/3/2021).

Nurdin Halid merupakan putra kelahiran Kabupaten Bone.

Bola Soba adalah ikon budaya yang memiliki nilai sejarah bagi Kabupaten Bone.

Bola Soba dibangun oleh Raja Bone ke-31, La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Bandung (1895-1905).

"Bola Soba adalah salah satu warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Bone. Oleh karena itu saya sangat perihatin dengan kejadian tersebut," kata Nurdin Halid saat dihubungi Tribun Timur, Sabtu (20/3/2021).

Mantan calon Gubernur Sulawesi Selatan itu mengusulkan pemerintah membangun duplikat dari Bola Soba walaupun tahu tidak bisa mengembalikan aslinya.

"Untuk itu harus segera ada upaya untuk membuat duplikat Bola Soba, karena pasti tidak bisa mengembalikan aslinya," sambung Nurdin Halid.

Sebelumnya diberitakan, Rumah Adat Bola Soba Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar, Sabtu (20/3/2021) sekira pukul 02.30 Wita.

Bola Soba berada di Jl Latenritatta, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang. Api melahap seluruh bangunan

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), Ansar Amal memastikan dalam kebakaran tersebut tidak ada benda pusaka yang terbakar.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved