Breaking News:

Tribun Sulbar

Kabar Gembira untuk Petani Sawit Sulbar, Harga TBS Kembali Menguat

Harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Sulawesi Barat (Sulbar) menguat pada April 2021.

TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Rapat penetapan harga TBS Sulbar di Hotel Pantai Indah Mamuju.(nurhaditribun). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Harga Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Sulawesi Barat (Sulbar) menguat pada April 2021.

Sesuai harga yang ditetapkan oleh Tim Penetapan TBS Sulbar di Hotel Pantai Indah Mamuju, harga untuk bulan April sebesar Rp 1.837,96.

Naik dari harga Rp1.639.39 yang ditetapkan pada bulan sebelumnya.

Kepala Dinas Perkebunan Abdul Waris Bestari menjelaskan harga TBS yang ditetapkan untuk tahun tanam rata-rata 10-20 tahun.

"Adapun Indeks “K” 83%, harga rata-rata CPO sebesar Rp 9.105,00, harga rata-rata penjualan inti sawit 5.042,00,"ujar Abdul Waris kepada wartawan di Mamuju, Sabtu (20/3/2021).

Meski begitu, kata dia, dia kecewa lantaran penetapan itu tidak dihadiri satupun perwakilan perusahaan kelapa sawit di Sulbar.

Asisten II Pemprov Sulbar, Junda Maulana yang hadir dalam penetapan mengatakan ke depan perlu ada Standar Operasional Prosedur sehingga dalam penetapan TBS tidak lagi terlalu ribet.

"Jadi kewajiban perusahaan sesuai dengan Permentan di Pasal 17 itu yang mengatakan bahwa harus ada data invoice dan lainnya itu masuk H-5 jika sampai waktu yang ditentukan belum masuk maka dilakukan penyuratan  tertulis pertama, jika sampai H-3 belum masuk dilakukan kembali penyuratan yang ke-2, jika sampai tidak masuk maka kewajiban pemerintah untuk menetapkan tanpa melalui data dan menetapkan harga rata-rata TBM,"jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, jika kedepan masih ada perusahaan yang tidak hadir, maka secara otomatis perusahaan dianggap sepakat dengan hasil yang ditetapkan.

Ia juga mengatakan, pihaknya tidak mau setiap bulanya disibukkan dengan penetapan harga, padahal sesungguhnya yang harus dipikirkan bagaimana kontribusi perkebunan dalam mensejahterakan masyarakat. (tribun-timur.com)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved