Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Orientasi Panitia Pilkades Serentak 102 Desa, Bupati Luwu Utara: Jangan Lahirkan Penguasa

emilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 102 desa di Kabupaten Luwu Utara pada 14 Juli 2021 mendatang diharapkan melahirkan pemimpin bukan penguasa.

Ist
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada acara orieantasi panitia pilkades yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Luwu Utara di Aula La Galigo, Selasa (16/3/2021) 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 102 desa di Kabupaten Luwu Utara pada 14 Juli 2021 mendatang diharapkan melahirkan pemimpin bukan penguasa.

Demikian ditekankan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka orieantasi panitia pilkades yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Luwu Utara di Aula Lagaligo, Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Selasa (16/3/2021).

"Sejatinya pilkades ini yang dicari adalah pemimpin, bukan penguasa. Tapi itu tergantung pada integritas dan profesionalisme panitia penyelenggara pilkades," kata Indah.

"Kalau mengedepankan integritas, saya yakin yang dihasilkan adalah pemimpin," sambung Indah.

Bupati dua periode menambahkan, panitia penyelenggara pilkades harus menjadi penyejuk.

Sebab dalam pilkades sangat rentan terjadinya konflik.

Sehingga peran dan profesionalisme panitia penyelenggara sangat dibutuhkan untuk menghindari konflik terjadi.

"Pilkades sebelumnya, ada dampak sosial di tengah masyarakat kita, terjadi per kotak-kotakan. Kita ini akan menghadirkan pemimpi, makanya dari awali kita kawal prosesnya dengan baik, jika semua berlangsung baik, saya yakin hasilnya baik pula," ujar Indah.

Jadi poinya itu, bagaimana mengantisipasi konflik horisontal tidak terjadi, mencegah praktek politik uang.

"Pilkades kadang sering dijadikan sebagai ajang pertarungan kekuasaan, makanya panitia harus benar benar profesional," tegas bupati perempuan pertama di Sulsel.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved