Breaking News:

Tribun Sidrap

Banyak Keluhan, Dinsos Sidrap Bakal Razia Gelandangan, Pengemis dan Anak Terlantar

Dinas Sosial Kabupaten Sidrap bersama Satpol PP, babinsa dan bhabinkantibmas, melakukan razia dan pendataan gelandangan, pengemis dan anak terlantar

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Sudirman
Ist
Dinas Sosial Kabupaten Sidrap bersama Satpol PP, babinsa dan bhabinkantibmas beberapa hari terakhir melakukan razia dan pendataan gelandangan, pengemis dan anak terlantar di sejumlah titik. 

TRIBUNSIDRAP.COM, SIDRAP - Dinas Sosial Kabupaten Sidrap bersama Satpol PP, babinsa dan bhabinkantibmas, melakukan razia dan pendataan gelandangan, pengemis dan anak terlantar disejumlah titik.

Titik razia yakni pasar yang ada di setiap kecamatan, area Monumen Ganggawa (Panker) Pangkajene, perkantoran dan tempat umum lainnya.

Kabid Rehabilitasi Sosial dan Perlindungan Jaminan Sosial Sidrap, Nurhidayah menjelaskan, razia tersebut dilakukan karena banyaknya aduan masyarakat. 

"Keberadaan mereka sudah meresahkan warga dan kenyamanan orang di tempat keramaian," ujar Nurhidayah, Selasa (16/3/2021).

Ia menuturkan, jika yang terjaring razia merupakan warga Sidrap, pihaknya akan mensurvei terlebih dahulu terkait latar belakangnya. 

"Akan disurvei tempat tinggal dan keluarganya. Jika memang betul-betul tidak mampu, maka diusulkan masuk di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) agar dapat menerima bantuan dari pusat maupun pemda," imbuhnya.   

Adapun jika yang terjaring merupakan warga luar Sidrap akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial daerah asalnya untuk kemudian dipulangkan.

"Kemarin sewaktu razia pengemis ada yang ditemukan identitas Parepare, kami pulangkan langsung. Untuk anak-anak dari luar Sidrap akan ditindaklanjuti dan dipulangkan ke daerah asalnya," jelasnya.

Adapun razia masih akan berlangsung dan menyasar minimarket dan pertokoan.

Sementara Kadis Sosial Sidrap, Soalihin berharap melalui kegiatan itu para gelandangan, pengemis dan anak terlantar di Kabupaten Sidrap bisa ditangani dengan baik.

"Hasil dari kegiatan ini akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang ada," tutupnya. 

Laporan wartawan Tribunpinrang.com, Nining Angreani. 

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved