Breaking News:

Gempa Sulbar

VIDEO: 600-an Prajurit Tinggalkan Mamuju, Ini Kata Pangdam XIV Hasanuddin

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka secara resmi melepas Satgas Penganan Bencana TNI AD untuk kembali ke satuan masing-masing

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka secara resmi melepas Satgas Penganan Bencana TNI Angkatan Darat (AD) untuk kembali ke satuan masing-masing usai menjalankan tugas kemanusiaan di Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (13/3/2021).

Upacara pelepasan berlangsung di dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Mamuju.

"Mereka yang kembali ini (ke satuan masing-masing) lebih dari 600 prajurit setelah melaksanakan tugas kemanusiaan kurang lebih enam bulan, mulai dari evakuasi, penyediaan rumah sakit lapangan hingga penyaluran bantuan,"kata Andi Sumangerukka kepada wartawan di Dermaga LANAL Mamuju.

Satgas Penanganan Bencana TNI AD tinggalkan Mamuju menggunakan kapal ADRI L-I dan ADRI L-II. Mereka terdiri dari Yoskes II Kostrad, Yonsiko Mabes TNI Angkatan Darat, pusbekangad dan perhubungan angkatan darat.

Jajaran Kodam XIV Hasanuddin,kata Andi Sumangerukkan, akan tetap berada di Mamuju hingga kondisi benar-banar pulih kembali.

"Dari satuan Sifur masih tetap beberada disini, yang kembali hanya satuan-satuan yang diperkuat dari Jakarta,"ucapnya.

Menurutnya, pihaknya juag akan tetap melakikan pemantauan karena cuaca masih berubah-ubah. Kemudia ikut melakukan rocovery, mendata bangun-bangun rusak untuk dilakukan perbaikan seluruhnya.

Dia pun memberikan apreasiasi kepada seluruh prajurit yang sudah dikembalikan ke satuanya. Kata dia, keberadaan mereka sangat membantu masyarakat yang terdampak gempa bumi.

"Bahkan ada lebih dari 4.000 masyarakat yang sudah terlayani di rumah sakit lapangan angkatan darat di Makorem 142 Tatag. Memang rumah sakit ini masih sangat dibutuhkan, tapi kami juga punya keterbatasan, awalnya hanya ditugaskan satu bulan, kemudian diperpanjang menjadi dua bulan, nah hari ini kita kembalikan mereka,"tuturnya (tribun-timur.com)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved