Breaking News:

Tribun Wajo

Kepala Inspektorat Wajo Diminta Mundur dari Jabatannya, Ini Masalahnya

Kantor Inspektorat  Wajo digeruduk massa dari Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB), Senin (15/3/2021).

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo digeruduk massa dari Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB), Senin (15/3/2021) 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Kantor Inspektorat  Wajo digeruduk massa dari Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB), Senin (15/3/2021).

Massa menuntut agar Kepala Inspektorat, Saktiar mundur dari jabatannya. Pasalnya, mahasiswa menuding, dirinya melindungi oknum-oknum kepala desa bermasalah.

"Kami meminta agar Bupati Wajo mencopot Kepala Inspektorat. Inspektorat yang semestinya menjadi lembaga pengawasan dan pembinaan malah terkesan melindungi oknum-oknum kepala desa bermasalah," kata salah satu orator, Syaifullah.

Alasannya, ada banyak kepala desa bermasalah yang kembali akan maju berkontestasi di perhelatan Pilkades pada 25 Mei 2021 mendatang.

Sayangnya, tak ada sanksi atau tindakan tegas dari APIP untuk memberikan efek jera kepada kepala desa bermasalah. Malahan, terkesan dilindungi.

"Kini stigma berkembang di masyarakat bahwa kalau ingin jadi desa sangat enak. Bisa korupsi dan kalau ada temuan sisa dikembalikan," katanya.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo, Saktiar berdalih. Menurutnya, tak ada lagi rekomendasi bebas temuan untuk kepala desa yang akan bertarung.

"Aturannya sudah berubah, kami sudah beberapa tahun tak keluarkan surat bebas temuan. Kemarin hanya untuk pencairan dana desa," katanya.

Lebih lanjut, Saktiar menyebutkan, dari 103 desa yang akan berkontestasi, ada 70 kepala desa yang kembali akan maju.

Namun, sejauh ini belum ada yang datang mengajukan rekomendasi bebas temuan ke Inspektorat Daerah.

"LHP 2020 bukan dasar untuk mengeluarkan rekomendasi bebas temuan untuk digunakan maju di Pilkades tahun ini, olehnya tetap kami sertakan surat pernyataan bila tersangkut nantinya," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved