Breaking News:

Duta Baca Sulsel Kembali Diseleksi, Dicari Loyal dan Total Mengabdi Jadi Relawan

Juri Duta Baca Sulsel 2021 Bachtiar Adnan Kusuma dan  Yudhistira Sukatanya sepakat Duta Baca Sulsel harus teken pakta integritas.

handover
Tim juri Duta Baca Sulsel 2021 Bachtiar Adnan Kusuma (kanan) bersama seniman Sulsel Yudisthira Sukatanya dan Duta Baca Sulsel Rezky Amalia Syafiin 

TRIBUN-TIMUR.COM- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel kembali menyeleksi Duta Baca Sulsel untuk tahun 2021.

Ketua Tim Juri Seleksi Duta Baca Sulsel tahun 2021, Bachtiar Adnan Kusuma, menegaskan kalau peserta seleksi pemilihan Duta Baca Sulsel haruslah bersedia menandatangani pakta integritas kesediaan loyal dan total mengabdi menjadi volunteer atau relawan membaca di Sulsel.

Menurut BAK, pakta integritas sangat penting bagi peserta terutama yang terpilih menjadi duta baca Sulsel.

Selain menjadi janji pada dirinya sendiri untuk menjadi contoh dan figur yang bisa diguguh dengan baik sebagai pribadi yang hobi membaca dan menulis.

Duta Baca Sulsel juga harus mampu menjadi relawan membaca yang keluar masuk lorong dan desa mengajak warga masyarakat membaca tanpa pamrih.

“Kami berharap duta baca Sulsel bukan hanya status dan slogan, tapi lebih penting lagi punya dignity atas status yang diembannya sebagai figur dan contoh masyarakat yang bisa diguguh dari perspektif kognitif, afektif dan Konatif," kata Ketua Forum Perpustakaan Lorong Desa Sulsel, Minggu (14/3/2021).

Sementara seniman Sulsel, Yudhistira Sukatanya, setuju pakta integritas penting bagi mereka yang terpilih menjadi duta baca Sulsel.

Selain pakta integritas menjadi janji kesetiaan atas status yang diembannya, duta baca Sulsel juga punya tanggungjawab membantu Pemerintah Provinsi Sulsel melakukan kampanye dan promosi minata baca di Sulsel.

Yudi berharap, dengan seleksi Duta Baca Sulsel yang digelar Senin-Selasa Tgl 15 dan 16 Maret 2021 bisa menemukan duta baca Sulsel lebih baik dari Duta Baca Sulsel Tahun 2018-2021 Rezky Amalia Syafiin SH yang memiliki prestasi dan gebrakan luar biasa.

“Kiki telah menunjukkan prestasi kerja dan dedikasi yang tinggi terutama berkeliling di Sulsel melakukan promosi gemar membaca,” kata Yudhistira.

Panitia Seleksi Duta Baca Sulsel, Nasaruddin dan Muhammad Arief, menguraikan kalau seleksi duta baca Sulsel tahun 2012 diikuti 21 orang dari perwakilan Kab/Kota di Sulsel.

Menurut Arief, seleksi akan berlangsung pada tgl 15 Maret 2021 di Dinas Perpustakaan dan Arsip Sulsel.

Sementara final dan penobatan berlangsung pada Selasa, 16 Maret 2021 di Gammara Hotel Makassar.(*)

Editor: Muh Hasim Arfah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved