Breaking News:

Tribun Bone

17 Anak di Bawah Umur Hamil di Luar Nikah di Bone, Begini Penjelasan Sekretaris DPPPA

Sebanyak 17 anak di bawah umur kawin atau diberikan dispensasi kawin oleh Pengadilan Agama Kelas IA Watampone selama Januari hingga Februari 2021.

ist
Sekretaris Dinas Pemberdagaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Bone, Ratnawati 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Sebanyak 17 anak di bawah umur kawin atau diberikan dispensasi kawin oleh Pengadilan Agama Kelas IA Watampone selama Januari hingga Februari 2021.

Diberikannya dispensasi kawin karena faktor hamil di luar nikah. Tak ada faktor lain.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bone, Ratnawati mengatakan, usia anak perempuan dan laki-laki boleh kawin pada 19 tahun.

Hal tersebut tertuang dalam Pasal 7 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan).

Lalu diperkuat  dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Dispensasi Kawin. 

Namun, dalam Pasal 7 Ayat 2 UU Perkawinan membolehkan orang tua meminta dispensasi kawin ke Pengadilan dengan alasan mendesak disertai dengan bukti pendukung yang cukup.

"Dilarang menikahkan anak yang belum cukup 19 tahun sepanjang tidak memenuhi kriteria. Rekomendasi tidak diberikan, kecuali urgent, sepeti hamil di luar kawin. Itupun dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Kalau tidak, pasti kita berikan rekomendasi menolak," katanya Minggu (14/3/2021).

Ia menyampaikan, banyak orang tua ke Dinas PPPA Bone untuk meminta rekomendasi agar bisa mengawinkan anaknya.  Alasannya karena faktor agama, ekonomi dan budaya.

Faktor agama, orang tua meminta anak kawin karena merasa sudah akil balig. Memenuhi syarat sesuai agama.

Faktor ekonomi, biasanya berkaitan dengan kemiskinan dan anak tersebut yatim piatu dirawat oleh kerabatnya.

Halaman
1234
Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved