Breaking News:

Tribun Palopo

Pura-pura Jadi Pegawai Dinsos dan Gasak Uang Warga, Seorang IRT di Palopo Ditangkap Polisi

Unit Jatanras Reskrim Polres Palopo menangkap pelaku pencurian dengan modus pura-pura jadi pegawai dinas sosial.

Polres Palopo
Suleha alias Leha (tengah) diamankan Unit Jatanras Polres Palopo yang menyamar menjadi driver ojol. Unit Jatanras Reskrim Polres Palopo menangkap Suleha alias Leha (26) IRT, pelaku pencurian dengan modus pura-pura jadi pegawai dinas sosial. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Unit Jatanras Reskrim Polres Palopo menangkap Suleha alias Leha (26) IRT, pelaku pencurian dengan modus pura-pura jadi pegawai dinas sosial.

Pelaku merupakan warga Palangiran, Kelurahan Batu, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo. Diamankan di Desa Rewang Kec Bua ponrang Kabupaten Luwu pada Sabtu tanggal 13 Maret 2021 pagi.

Pelaku diadukan oleh korban Misnawati. Kejadiannya pada Kamis (11/3/21) di jl Tociung Kota Palopo.

Kasubag Humas Polres Palopo, AKP Edi Sulistyono menjelaskan saat itu pelaku pura-pura menjadi pegawai dinas sosial berniat ingin mendata di rumah warga.

Usut punya usut, ternyata pelaku punya niat lain. Saat pemilik rumah lengah, pelaku menggasak dompet lalu melarikan diri.

Pasca kejadian itu, korban melakukan pengaduan ke Mapolres Palopo, pada Jumat (12/3/21).

Selang dua hari, pelaku diamankan Unit Jatanras Polres Palopo.

Pelaku yang tertangkap kamera CCTV, memudahkan polisi untuk melakukan identifikasi dan penangkapan.

"Saat itu pelaku datang ke rumah pelapor dengan mengaku sebagai petugas dinas sosial yang ingin meminta data kependudukan guna mendapatkan bantuan sosial," kata Edi.

"Kemudian pelaku masuk ke dalam rumah pelapor dengan alasan mengambil dokumentasi gambar rumah sebagai syarat mendapatkan bantuan dinas sosial dari pemerintah, kemudian pelaku menyuruh korban ke rumah tetangganya untuk mengambil kartu keluarganya sebagai saksi sehingga korban meninggalkan rumahnya," sebutnya.

Ketika korban kembali ke rumahnya, dia mendapati pelaku sudah tidak ada. Ia kemudian memeriksa barang-barangnya, alhasil dompet yang berada di ruang tamu dan uang tunai sebesar Rp 500 ribu sudah amblas.

Dari penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti satu unit handphone merk Nokia warna pink dan uang tunai Rp 1.030.000.

Tak hanya itu, pelaku telah melakukan pencurian di sembilan TKP.

Pelaku kini menjalani pemeriksaan di Mapolres Palopo.

Laporan Wartawan Tribun Palopo, Arwin Ahmad.\

Penulis: Arwin Ahmad
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved