Breaking News:

Makassar Dikepung Banjir

UKM Pramuka Unhas Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kota Makassar

Heni Julianti Rasyid menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud dari dasa dharma pramuka. 

TRIBUN TIMUR/RUDI SALAM
UKM Pramuka Unhas bantu proses evakuasi warga terdampak banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Makassar, Rabu (10/3/2021) malam. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Hasanuddin (Unhas) terlibat dalam aksi kemanusiaan membantu proses evakuasi warga terdampak banjir yang melanda beberapa wilayah di Kota Makassar. 

Operasi evakuasi oleh UKM Pramuka Unhas berlangsung sejak Rabu (10/3/2021) malam di wilayah Paccerekang, Daya, Kota Makassar.

Ketua Dewan Racana Putri Hasanuddin, Heni Julianti Rasyid menjelaskan kegiatan ini merupakan wujud dari dasa dharma pramuka. 

UKM Pramuka Unhas, kata dia, mempunyai bagian Pramuka Peduli, yang bertugas melaksanakan kegiatan kemanusiaan.

"Seiap terjadi kegiatan bencana, sedapat mungkin Pramuka Unhas akan turun membantu korban, sesuai batas-batas yang memungkinkan," jelas Heni, Kamis (11/3/2021) via rilis.

Sejak curah hujan tinggi melanda Kota Makassar, Pramuka Unhas melakukan pemantauan pada beberapa wilayah yang berpotensi terendam banjir. 

Beberapa daerah yang menjadi lokasi survei diantaranya BTN Antara, BTN Asal Mula, kawasan Paccerakang, kawasan sekitar Perintis Kemerdekaan VII dan Bumi Tamalanrea Permai (BTP).

Dari hasil pemantauan terhadap lokasi-lokasi tersebut, kemudian diputuskan untuk fokus pada daerah Paccerakang Daya, khusunya di daerah Kodam Tiga, mengingat ketinggian air di daerah tersebut mencapai setinggi dada orang dewasa. Warga di sekitar wilayah tersebut juga telah mengungsi. 

"Pada pukul 8 malam, kami menurunkan tim evakuasi untuk turun ke lokasi banjir membantu mengevakuasi korban yang terjebak di rumah serta barang-barang korban. Kami mengutus 12 orang yang terdiri dari delapan putra dan empat putri yang terbagi pada dua tim, yaitu tim survei dan tim evakuasi. Dalam kegiatan ini, tim berhasil mengevakuasi 32 Kepala Keluarga yang terjebak banjir," ungkap Heni.

Meskipun hujan di Kota Makassar mulai berangsur-angsur reda dan normal, namun tim Pramuka Peduli dari UKM Pramuka Unhas tetap memantau perkembangan situasi.

Penulis: Rudi Salam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved