Breaking News:

Citizen Reporter

Perpustakaan CARAKDEK SMPN 24 Makassar Terima SK Pendirian

Perpustakaan CARAKDEK SMPN 24 Makassar menerima SK Pendirian Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Citizen Reporter
Perpustakaan CARAKDEK SMPN 24 Makassar menerima SK Pendirian Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar 

Citizen Reporter, Wulan Tulus JuniPustakawan Makassar melaporkan dari Makassar

MAKASSAR - Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 24 Makassar, Wahyuni didampingi tenaga perpustakaannya menerima SK Pendirian Perpustakaan dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang diserahkan oleh Pustakawan, Tulus Wulan Juni di ruang baca Perpustakaan, Senin (08/03/2021).

SK Pendirian Perpustakaan ditetapkan dengan Keputusan Pejabat Pembina Perpustakaan di daerah dalam hal ini Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan di bidang Perpustakaan.

SK tersebut juga menerangkan dan menguatkan bahwa Perpustakaan CARAKDEK SMP Negeri 24 Makassar telah berdiri sejak tahun 1990.

SK Pendirian Perpustakaan adalah salah satu bentuk legitimasi sebagai upaya penguatan kelembagaan Perpustakaan.

Keberadaan Perpustakaan termasuk di sekolah bukan hanya ruang pelengkap tetapi sebuah Institusi/ lembaga sesuai amanah Undang-undang.

Berdasarkan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 15 menyatakan bahwa pembentukan Perpustakaan dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/ atau masyarakat dan memberitahukan keberadaannya ke Perpustakaan Nasional RI.

Keberadaan Perpustakaan CARAKDEK SMP Negeri 24 Makassar yang menempati ruang dengan ukuran seluruhnya seluas 231 M² telah dilaporkan ke Perpustakaan Nasional RI dan memiliki Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) : 21.41.P.00271. Wakil Kepala Sekolah, Wahyuni sangat berterima kasih atas program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Saat ini seluruh tenaga perpustakaan yang berjumlah 9 orang sementara membenahi dan melengkapi seluruh kelengkapan perpustakaan agar berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

"Kami juga melibatkan guru seni sebagai tenaga perpustakaan untuk mempercantik ruang perpustakaan seperti menggambar lukisan pohon literasi di ruang baca ini," ungkapnya.

Perpustakaan CARAKDEK adalah salah satu sekolah yang dipersiapkan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk mengikuti akreditasi Perpustakaan tahun ini.

Perpustakaan ini memiliki berbagai layanan diantaranya ruang baca ditempat dengan daya tampung 1 kelas, teras baca di depan perpustakaan, layanan sirkulasi, bimbingan pemustaka, hotspot Wifi, ruang multimedia perpustakaan yang dilengkapi 24 komputer dan e-Library.

"Perpustakaan CARAKDEK adalah motto layanan sebagai komitmen memberikan pelayanan yang optimal kepada Pembaca," ungkap salah satu tenaga perpustakaan, Ramlah yang juga Guru Seni sambil memperlihatkan brosur perpustakaannya.

CARAKDEK adalah akronim dari Cepat, Andal, Ramah, AKuntabel, Disiplin, Efisien dan Konsisten. Semoga motto tersebut menjadi energi bagi penyelenggara perpustakaan untuk meningkatkan budaya baca dan mutu pendidikan di SMP Negeri 24 Makassar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved