Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Pemkab Luwu Timur Harap Dukungan PT Vale Laksanakan Tes GeNoSe C19

Dibahas dalam pertemuan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman dengan sejumlah pakar penanganan Covid-19

TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Pertemuan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman dengan sejumlah pakar penanganan Covid-19 di Aula Kantor PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), Selasa (9/3/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur meminta dukungan PT Vale Indonesia untuk pelaksanaan tes GeNoSe C19.

Dibahas dalam pertemuan Wakil Bupati Luwu Timur, Budiman dengan sejumlah pakar penanganan Covid-19 di Aula Kantor PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), Selasa (9/3/2021).

Pakar tersebut adalah Prof Edy Djuwito, Prof Sumbangan Baja, Prof Igg Adiwijaya, Prof Rahman Kadir, Simintar Hadisiswoyo, Andi Erwin, Riza Wazdi, dan Kepala Perwakilan BPK RI Sulsel, Wahyu Priyono. 

Pertemuan Budiman dengan para pakar ini difasilitasi Komisaris Utama PT  KIMA, Saldy Mansyur. Saldy adalah mantan Wakil Bupati Luwu Timur pertama (2000-2005) di era kepemimpinan Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma.

Dalam pertemuan ini juga, Budiman juga menginformasikan tes GeNoSe C19 akan dilaksanakan di Luwu Timur guna menekan angka penularan Covid-19.

Budiman berharap keterlibatan pakar menjadi harapan untuk bisa lebih baik lagi kedepan dan bisa lebih maju utamanya dalam penanganan pendemi Covid-19.

Ia juga mengatakan, saat ini APBD Luwu Timur sudah diketuk walau memungkinkan akan dilakukan recofusing anggaran.

Namun kata Budiman, pihaknya juga berharap dukungan PT Vale Indonesia, mengingat keberadaan perusahaan tambang nikel selama ini turut berkontribusi baik terhadap masyarakat dan pemerintah daerah.

"Kita akan menggelar rapat dengan managemen PT Vale terkait rencana penggunaan alat GeNose agar Covid-19 di Luwu Timur dapat melandai," ujar Budiman, Rabu  (10/3/2021).

GeNose C19 adalah alat yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), alat ini disebut dapat mendeteksi Covid-19 dengan cara mudah dan biaya yang murah.

Alat ini mampu mendeteksi Covid-19 hanya melalui hembusan napas. GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama embusan napas ke dalam kantong khusus.

Sementara Saldy Mansyur mengatakan di Luwu Timur ada perusahaan PT Vale yang merupakan aset nasional yang mesti dijaga.

Rencana aksi penanganan Covid-19 di Luwu Timur diawali di empat kecamatan daerah pemberdayaan PT Vale, selanjutnya akan melebar ke kecamatan lainnya di wilayah Luwu Timur.

Hadir Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, Usman Sadik dan Sekretaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Luwu Timur.

Sejauh ini, total kasus Covid-19 di Luwu Timur sebanyak 3.772 orang, sembuh 3.556 orang dan pasien Covid-19 meninggal 61 orang.

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved