Breaking News:

Tribun Sulbar

120 Siswa Lolos Program Pembinaan Siswa Berprestasi Sulbar

Program pembinaan siswa berprestasi Disdikbud Sulbar diharapkan melahirkan regenerasi kepepemimpin yang lebih baik di masa mendatang

Penulis: Nurhadi | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Asisten I Muh Natsir saat mengikuti video conferensi pembukaan program pembinaan siswa berprestasi di Rujabnya. Pembukaan berlangsung di LPMP Majene.(tribun-timurnurhadi). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Program pembinaan siswa berprestasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Disdikbud) Sulawesi Barat (Sulbar) diharapkan melahirkan regenerasi kepepemimpin yang lebih baik di masa yang akan datang.

Disdikbud Sulbar diketahui telah melakukan seleksi pembinaan siswa berprestasi yang diikuti 1.089 siswa dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se Sulbar.

Kapala Disdikbud Prof Gufran Darma Dirawan mengatakan sebanyak 120 siswa terbaik terpilih untuk dilakukan pembinaan secara khusus dengan harapan dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia.

"Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang, hasilnya 19 anak-anak nilainya diatas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,"kata mantan WR II UNM dihubungi via telepon usai pembukaan di LPMP Majene, Senin (8/3/2021)

Kemudian, lanjut Gufran, masih ada sekira 84 orang nilainya di atas 600 poin dan juga diyakini akan banyak lolos ke universitas terbaik di Indonesia.

"Kenapa kita lakukan pembinaan karena berharap dengan pembinaan ini nilainya jauh lebih tinggi,"ujanya.

Gufran mengatakan untuk sementara sebanyak 120 siswa se Sulbar yang resmi masuk dalam program pembinaan hari dalam pembukaan pelatihan di LPMP Kabupaten Majene.

"Akan ada program khusus untuk mereka, hasilnya nanti akan dikirim ke seluruh sekolah untuk dipelajari dan didesiminasikan. Paling tidak tahun depan bisa mengubah kualitas mutu pendidikan kita jauh lebih tinggi,"ujarnya.

Kata dia, sebanyak 120 siswa tersebut akan terus dilakukan pendampingan. Selain dilakukan uji kognitif juga akan dilakukan pembinaan minat khusus atau minat bakat.

"Disitulah nanti kita akan tahu, berapa yang masuk IPDN, Akmil, Polri, kemudian berapa yang masuk di kedokteran. Kita akan arahkan anak-anak kita,"ucpanya.

Gubenur Sulawesi Barat H Ali Baal Masdar mengapresiasi program pembinaan siswa berprestasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia berharap lewat program pembinaan siswa berprestasi dapat mengubah wajah mutu pendidikan di Sulbar. Tidak lagi terbelakang.

"Semoga berjalan dengan baik, minimal kita bisa sama dengan provinsi yang lain. Jangan kita tertinggal terus,"kata Ali Baal usai video conferensi pembukaan program tersebut di Rujabnya Jl Pattana Endeng, Mamuju, Senin (8/3/2021).

Ali Baal berharap dari 120 orang yang dibina secara khusus, minimal sekira 10 orang dapat dikirim ke Universitas unggulan yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk Akpol, Akmil dan IPDN.

"Disamping ada pembinaan, para pelajar juga diharapkan dapat mengembangkan diri melalui pelatihan-pelatihan yang ada,"tuturnya.(tribun-timur.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved