Breaking News:

Tribun Enrekang

Enrekang Kembangkan Wisata Susur Gua Lo'ko Wai Lambun

Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Enrekang bersama Pemerintah Desa Kadingeh melakukan Bina Wisata

Dispopar Enrekang
Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Enrekang bersama Pemerintah Desa Kadingeh melakukan Bina Wisata. Wisata Susur Gua Lo'ko Wai Lambun di Desa Kadingeh 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata (Dispopar) Enrekang bersama Pemerintah Desa Kadingeh melakukan Bina Wisata.

Bina Wisata dilakukan dengan melibatkan warga setempat dan mahasiswa Politeknik Parawisata (Poltekpar) Makassar.

Salah satu agenda Pemerintah Desa dan mahasiswa ialah menyusuri sejumlah wisata di Dusun Asaan, Desa Kadingeh, Kecamatan Baraka.

Di antaranya wisata susur gua Lo'ko Wai Lambun, Makam Kuno dan air terjun Sarambu Alla.

Kepala Dispopar Enrekang, Dadang Sumarna mengatakan langkah awal yang dilakukan pada saat Bina Wisata adalah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Pokdarwis itu bernaung di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMD), sebagai pengelola obyek wisata.

"Jadi langkah awal keseriusan kita mengelola Obyek Wisata gua Lo'ko Wai Lambun ini adalah dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata," kata Dadang Sumarna, dalam rilis yang diterima TribunEnrekang.com, Senin (8/3/2021).

Sementara Kabid Promosi Pariwisata Dispopar, Andi Zulkarnaen mengatakan pihaknya segera mengembangkan wisata unggulan di Bumi Massenrempulu. 

Langkah tersebut sejalan dengan salah satu strategi Bupati Enrekang, Muslimin Bando untuk mengenjot pariwisata di Enrekang.

"Kita tidak akan tinggal diam walau di masa pandemi, Bupati dalam beberapa kesempatan, mengajak kita tetap aktif dan kreatif. Juga menekankan untuk mempersiapkan pariwisata Enrekang agar bisa memiliki daya saing," ujar Zul. 

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved