Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Wabup Luwu Utara Tinjau Rumah Warga yang Tertimpa Tanah Longsor

Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur meninjau rumah warga yang tertimpa tanah longsor di depan Pasar Sentral Masamba, Kelurahan Baliase

ist
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur (tengah) meninjau rumah warga yang tertimpa tanah longsor di Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Sabtu (6/3/2021) 

TRIBUNLUWU.COM, MASAMBA - Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur meninjau rumah warga yang tertimpa tanah longsor di depan Pasar Sentral Masamba, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Sabtu (6/3/2021).

Kejadian PADA Jumat petang sekira pukul 17.30 WITA menyebabkan satu rumah warga rusak.

"Longsor yang terjadi ini akibat hujan intensitas lebat, satu rumah warga terdampak, dinding belakangnya jebol. Jadi tanah longsornya masuk ke rumah sampai ke jalan raya, namun alhamdulillah tidak ada korban," kata Suaib.

Ia pun mengimbau agar masyarakat di kawasan rawan longsor itu tidak tinggal di rumahnya.

Untuk mengantisipasi adanya longsor susulan melihat curah hujan yang masih tinggi.

"Jangan dulu tinggal di sini, kalaupun tetap beraktivitas bisa dilakukan siang hari tapi lihat kondisi. Tapi upayakan tidak bermalam dulu karena dilihat kondisi tanahnya masih rawan longsor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyediaan Sarana Air Bersih, Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan Dinas PUPR Luwu Utara, Sardin mengatakan, selain curah hujan tinggi, longsor juga terjadi akibat adanya saluran buntu di atas ketinggian yang mengakibatkan air meluap.

"Jadi memang karena intensitas hujan yang tinggi, hasil tinjauan teman-teman juga bilang ada saluran buntu di atas kantor daerah sehingga air meluap ke daerah situ, larinya pasti kesitu," katanya.

Sardin menambahkan, pemerintah sebelumnya sudah menegaskan tidak ada pembangunan di bawah tebing pendakian jalur menuju kantor daerah.

Salah satu pertimbangan kondisi tanah yang labil. 

Meski demikian, tetap padat oleh pembangunan.

Diketahui, pembangunan di kawasan terdampak longsor saat ini pun dikabarkan tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved