Breaking News:

Tribun Wajo

Rumah Bernyanyi Beroperasi di Wajo Tanpa Izin, Bakal Disanksi?

Sebuah rumah bernyanyi atau tempat karaoke di Jl Rusa, Sengkang, Kabupaten Wajo beroperasi tanpa mengantongi izin operasi.

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSAH
Sebuah rumah bernyanyi atau tempat karaoke di Jl Rusa, Sengkang, Kabupaten Wajo beroperasi tanpa mengantongi izin operas 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Sebuah rumah bernyanyi atau tempat karaoke di Jl Rusa, Sengkang, Kabupaten Wajo beroperasi tanpa mengantongi izin operasi.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Wajo, Aswan Nur mengatakan, untuk Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) rumah bernyanyi New Hoki, sampai saat ini belum memiliki rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim teknis.

"Tim teknis belum mengeluarkan rekomendasi TDUP, sebab persyaratan administrasi dan teknis belum semuanya terpenuhi," katanya, Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut, setiap usaha pariwisata seperti penyelenggaraan usaha hiburan dan rekreasi, wajib memiliki TDUP, berdasarkan Perda Wajo No. 13 tahun 2017 tentang Kepariwisataan.

Olehnya, bagi rumah bernyanyi beroperasi tanpa rekomendasi. Sesuai aturan menjadi kewenangan dari aparat penegak Perda, untuk melakukan penindakan. 

"Ini bukan hanya urusan kami (Disporapar). Tetapi menjadi urusan semua OPD terkait dengan perizinan usaha tersebut," katanya.

Untuk standarisasi rumah bernyanyi, telah diatur peraturan bupati (Perbup) yang sudah di tanda tangani oleh bupati Wajo Amran Mahmud. Kini dalam tahap finalisasi.

"Perda belum mengatur ketentuan larangan pada rumah bernyanyi. Tetapi di perbup standar usaha karaoke telah diatur. Perbup ini masih dalam proses penomoran di Bagian Hukum Sekretariat Daerah Wajo," katanya.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved