Breaking News:

Tribun Bantaeng

VIDEO: KAPEKA Bantaeng Gelar Aksi Unjuk Rasa Tuntut Pemenuhan Hak Karyawan PT Huadi

Perusahaan smelter PT Huadi Nickel Alloy di Kabupaten Bantaeng kini menjadi sorotan oleh Koalisi Pemerhati Ketenagakerjaan (KAPEKA) Bantaeng.

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Perusahaan smelter PT Huadi Nickel Alloy di Kabupaten Bantaeng kini menjadi sorotan oleh Koalisi Pemerhati Ketenagakerjaan (KAPEKA) Bantaeng.

Pasalnya, PT. Huadi mengharuskan mengikuti karantina Covid-19 kepada para karyawan tanpa harus meninggalkan gedung pabrik.

Penerapan karantina Covid-19 dengan cara sepihak dan membuat para karyawan sangat susah untuk pulang ke keluarganya.

Perusahaan sempat tak beroperasi selama sehari karena karyawan saat itu kabur akibat karantina yang diberlakukan sejak awal penyebaran Covid19.

Apabila karyawan tak mau menjalani karantina Covid-19 dalam perusahaan, secara otomatis mereka bakal diberhentikan bekerja di PT. Huadi.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan KAPEKA dihadapan Ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) usai menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Bantaeng, Senin, (1/3/2021).

"PT Huadi melakukan karantina secara sepihak. Ia melakukan karantina perusahaan hanya berdasarkan surat dari Desa. Padahal Kabupaten, provinsi sampai nasional tidak ada perintah rekomendasi perusahaan untuk karantina," kata perwakilan KAPEKA, Adam.

"Buntut dari kaburnya karyawan dari perusahaan adalah lahirnya surat pernyataan yang ditandatangani seluruh karyawan. Bahwa barang siapa yang melanggar maka dia automatis mengundurkan diri," lanjutnya.

Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah meminta kepada Komisi B agar memanggil pihak PT Huadi mempertanyakan terkait permasalahan dari para karyawan.

Kemudian, terkait dengan penerapan karantina perusahaan, Ketua DPRD Bantaeng masih ingin melakukan konsultasi untuk mengetahui dimana kesalahan dari PT Huadi sebagai dasar tindakan bakal dilakukan.

"Saya sudah melakukan kunjungan ke PT Huadi, tetapi saya masih melakukan koordinasi dimana letak kesalahan dari PT Huadi," kata Hamsyah.

Laporan wartawan TribunBantaeng.com, Achmad Nasution

Penulis: Achmad Nasution
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved