Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Masamba Luwu Utara Dirancang Jadi Kota Lengkap Bidang Tanah

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, mendukung upaya Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadikan Masamba sebagai kota lengkap bidang tanah. 

Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat menerima kunjungan Kepala BPN Luwu Utara yang baru, Taufik di ruang kerjanya, Selasa (2/3/2021) 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, mendukung upaya Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadikan Masamba sebagai kota lengkap bidang tanah. 

Pernyataan dukungan disampaikan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat menerima kunjungan Kepala BPN Luwu Utara yang baru, Taufik, di ruang kerjanya, Selasa (2/3/2021).

"Persiapan Masamba sebagai kota yang lengkap bidang tanah saat ini sudah berjalan 50%. Kita kejar kinerja terbaik BPN dalam penyelesaian Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sehingga target Masamba lengkap bidang tanah dapat diwujudkan tahun ini, seiring pelaksanaan penataan kota Masamba ke depan," tutur Indah.

Indah mengatakan, pihaknya siap bermitra dan bersinergi guna mengakselerasi pencapaian target Masamba sebagai kota lengkap bidang tanah. 

"Pemda siap bermitra dan bersinergi dengan BPN untuk mencapai target ini," terangnya. 

Ia juga berharap redistribusi tanah di Seko secepatnya dituntaskan untuk persiapan lumbung daging nasional guna mendukung program Pemprov Sulsel.

Kepala BPN Luwu Utara, Taufik, juga mengutarakan kesanggupannya untuk bersinergi dengan Pemda Luwu Utara dalam mewujudkan Masamba sebagai kota lengkap bidang tanah. 

"Kami juga siap bermitra dan membangun sinergi dengan Pemda Luwu Utara demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," jelas dia. 

Taufik berjanji, tahun ini Masamba akan dirancang sebagai kota lengkap bidang tanah dengan segera menyelesaikan pendaftaran PTSL. 

"Tahun ini, kita sudah rancang kota Masamba lengkap bidang tanah, yaitu seluruh bidang tanah sudah bisa terukur secara lengkap dan terdaftar. Artinya, kita bisa identifikasi kepemilikannya siapa, penggunaannya seperti apa, dan ini menjadi data awal pendaftaran tanah kita," papar dia.

Sebagai informasi, PTSL merupakan program pemerintah yang bertujuan menghindari terjadinya konflik tanah dan membantu pembangunan tata ruang, sehingga manfaatnya juga dirasakan langsung oleh masyarakat. 

Diantaranya masyarakat bisa mendapatkan kepastian hukum terkait tanah yang mereka miliki maupun tempati saat ini.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved