Breaking News:

Video: Viral Pemuda ini Nekat Joget TikTok di Jalan Tol, Tergolong Extreme Atraction

pemuda main TikTok di jalan tol, perhatikan larangan pejalan kaki ketika di jalan tol

: instagram.com/otomtalk
Video Viral Pemuda Joget TikTok di Jalan Tol, 

TRIBUN-TIMUR.COM - Video yang memperlihatkan seorang pemuda bermain TikTok tengah viral di media sosial.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @otomtalk terlihat pemuda tersebut sedang berjoget di tengah Jalan Tol Balmera Medan, Sumatera Utara, tanpa rasa takut sedikit pun.

Aksi pemuda tersebut tentu membahayakan diri sendiri juga bisa membawa petaka untuk orang lain.

Terkait hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kejadian itu sudah termasukextreme atraction yang sangat berbahaya untuk dilakukan. Orang yang melakukan hal tersebut sudah terlatih, terukur, dan terskema.

“Jalan raya itu tempatnya mesin bergerak atau beraktivitas dengan kecepatan yang berbeda-beda. Apalagi jalan tol, kecepatan kendaraan pasti lebih tinggi. Bagaimana jika pengemudi tidak siap mengantisipasi hal itu? Bisa saja mobil mengalami selip hingga terjadi kecelakaan,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Sony melanjutkan, sesuai dengan aturan undang-undang lalu lintas, siapa pun yang menabrak dan menyebabkan kematian karena kecelakaan di jalan bisa dikenai pidana. Namun, berbeda halnya jika itu terjadi di jalan tol.

“Jika hal itu sampai menyebabkan kecelakaan, bahkan sampai berakibat menghilangkan nyawa orang lain. Artinya, nyawa yang hilang itu harus dipertanggungjawabkan oleh si pengemudi. Terlepas dari yang bersangkutan bersalah atau tidak, biarkan pengadilan yang memutuskan,” kata Sony.

Larangan pejalan kaki di jalan tol

Untuk diketahui, aturan larangan menyeberang di jalan tol memang tidak tertulis langsung dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Namun, jika memperhatikan Pasal 38 ayat 1, disebutkan bahwa jalan tol hanya boleh digunakan oleh kendaraan beroda empat atau lebih.

Kemudian, dalam Pasal 41 ayat 1 butir (a), diperjelas lagi bahwa jalur lalu lintas hanya boleh digunakan oleh pengguna jalan tol, dalam hal ini adalah kendaraan roda empat atau lebih sesuai Pasal 38.

Halaman
12
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved