Breaking News:

Tribun Sinjai

PLN Sulselrabar Bantu Petani Lampu Ultra Violet, Bisa Rangsang Pertumbuhan Buah Naga

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sulselrabar, menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility CSR) kepada seorang petani di Desa Sukamaju

TRIBUN-TIMUR.COM/SAMBA
Bupati Sinjai Andi Seto bersama GM PLN Unir Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar Awaluddin Hafid mengamati buah naga yang di atasnya terdapat balon lampo untuk hasilkan sinar ultra violet, Kamis (25/2/2021) 

TRIBUNSINJAI.COM, TELLULIMPOE- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sulselrabar, menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility CSR) kepada seorang petani di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (25/2/20210).

Penyerahan CSR tersebut berupa pemasangan balon lampu di kebun milik Lukman, Warga Desa Sukamaju.

Bantuan pemasangan balon lampu untuk menghasilkan cahaya lampu ultra violet ini bertujuan untuk mempercepat tanaman buah naga berbuah.

"Pemasangan 500 balon lampu ini untuk merangsang pertumbuhan agar tanaman buah naga cepat menghasilkan buah," kata GM PLN Unir Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar, Awaluddin Hafid saat melaunching bantuan tersebut di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe siang tadi.

Setiap balon lampu tersebut menghasilkan 19 volt sinar ultra violet. Dengan bantuan sinar tersebut dapat merangsang percepatan bunga untuk selanjutnya menjadi buah.

"Kalau sebelum menggunakan sinar ultraviolet masa waktu berbuah buah naga hanya bisa enam bulan setiap tahunnya. Dan setelah ada bantuan rangsangan sinar ultra violet masa waktu berbuah hingga 10 bulan bahkan dapat selama 12 bulan," katanya.

Program CSR itu merupakan bantuan PLN dalam upaya memajukan kesejahteraan petani di Kabupaten Sinjai.  

Menurutnya pengelolaan pertanian perlu modernisasi seperti di negara Jepang pengelolaan pertaniannya lebih modern. Dengan jumlah luas lahan terbatas dan hasil yang lebih banyak.  

" Oleh karena itu PLN hadir untuk memberikan contoh bahwa dengan kita menggunakan satu manipulasi dalam proses biologi, maka kita bisa menghasilkan produksi buah naga yang lebih banyak pada lahan yang sama dengan waktu yang lebih singkat," katanya.

Kedepan tak hanya modernisasi pertanian ia dorong, tetapi PLN mengajak pemerintah di Sinjai bersama masyarakat di desa itu agar dapat mengekspor buahnya ke daerah lain dan negara lain dan mengelola hasil secara modern pula. 

Bupati Sinjai Puji PLN Sulselrabar

Dalam kesempatan itu hadir Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), menyampaikan rasa terima kasih karena masyarakatnya dibantu oleh PLN mendorong peningkatan kesejahteraan melalui sinar ultra violet pada buah naga.

" PLN ini sudah berkembang jauh, ia tak hanya mengurus listrik saja. Tapi sudah mendorong teknologi pertanian moderen dengan hasil yang berlipat," kata Bupati ASA.

Harapannya kedepan, petani yang mendapat bantuan CSR tersebut dapat memanfaatkan fasilitas itu untuk meningkatkan kesejahteraan.

Atas kehadiran fasilitas itu, ia meminta Dinas Pertanian di Sinjai untuk melihat agar nantinya Pemkab Sinjai ikut mendorong pengelolaan pertanian dari teknologi seperti listrik. (*)

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved