Breaking News:

Tribun Makassar

Nilai Rupiah Terjaga, BI Prakirakan Inflasi Akan Rendah

Bank Indonesia menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada 17-18 Februari 2021.

Penulis: Dian Amelia | Editor: Sudirman
ist
Konferensi Pers Bank indonesia di Hotel The Rinra Makassar, Kamis (25/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSARBank Indonesia menurunkan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada 17-18 Februari 2021.

BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps menjadi 3,50 persen, suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25 persen. 

Penurunan tersebut dilakukan karena prakiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas sehingga nilai tukar rupiah tetap terjaga.

Kepala Perwakila BI Sulsel, Budi Hanoto mengatakan, Bank Indonesia menempuh langkah-langkah kebijakan sebagai tindak lanjut sinergi kebijakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam paket kebijakan terpadu untuk peningkatan pembiayaan dunia usaha dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi.

" Ada beberapa langkah yang kami buat untuk pemulihan ekonomi, salah satunya melanjutkan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah agar sejalan dengan fundamental dan mekanisme pasar," ujarnya saat Konferensi pers di Hotel The Rinra Makassar, Kamis (25/2/2021).

Serta melanjutkan penguatan strategi operasi moneter untuk mendukung stance kebijakan moneter akomodatif.

Tak hanya itu saja, tentunya kita akan melonggarkan ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi paling sedikit 0 persen untuk semua jenis kendaraaan bermotor baru.

Selain itu, untuk mendorong pertumbuhan kredit disektor otomotif dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Bank Indonesia juga melonggarkan rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) kredit/pembiayaan properti menjadi paling tinggi 100 persen untuk semua jenis properti (rumah tapak, rumah susun, serta ruko/rukan), bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu.

Menghapus ketentuan pencairan bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved