Breaking News:

Citizen Reporter

Dinas Lingkungan Hidup dan INLA Sulsel Sosialisasi dan Penjernihan Kanal dengan Eco Enzyme

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan INLA Sulsel mengadakan kegiatan sosialisasi dan penjernihan kanal dengan Eco Enzyme

Citizen Reporter/Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®, CCDd®
Prosesi penjernihan air kanal dengan penuangan cairan Eco Enzyme oleh Plt. Kepala DLH Kota Makassar; Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas DLH Kota Makassar; Lurah Maccini Sombala; dan Ketua INLA Sulsel di Kanal Maccini Sombala, Jalan Manunggal, Makassar pada Minggu (21 Februari 2021). 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®, CCDd® Warga Kota Makassar melaporkan dari Makassar

Bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan INLA Sulsel mengadakan kegiatan sosialisasi dan penjernihan kanal dengan Eco Enzyme di Kanal Maccini Sombala, Jalan Manunggal pada Minggu (21 Februari 2021) pagi.

 Kegiatan peduli lingkungan sebagai rangkaian HPSN Tahun 2021 Tingkat Kota Makassar yang mengangkat tema “Mengolah Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme sebagai Bahan Baku Peningkatan Kesehatan dan Ekonomi di Masa Pandemi” ini didukung oleh : Gamasi FM, FPMP Sulsel, HS Community Sulsel, Forel Pelita Sulsel dan Raz FM.

Hadir dalam kegiatan ini adalah : Plt. Kepala DLH Kota Makassar H. Muhammad Mario Said, S.IP., M.Si.; Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3, dan Peningkatan Kapasitas DLH Kota Makassar Drs. Saenal Abidin, M.Si.; Lurah Maccini Sombala Masteriyadi Baharuddin, S.STP., M.H.; Ketua INLA Sulsel Tjing Ming Nelly; para relawan INLA Sulsel dan warga.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala DLH Kota Makassar mengatakan untuk mengatasi sampah tidak dapat hanya ditangani oleh pemerintah semata, tetapi membutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk partisipasi aktif masyarakat. Jika masyarakat sadar bahwa pencemaran (air, tanah dan udara) disebabkan oleh manusia, maka mereka akan berusaha meminimalisirnya.

 Sudah hukumnya bagi kita untuk sadar dan peduli mencegah pencemaran ini. Untuk itu harus ada sinergi dan kepedulian bersama untuk meminimalisasi pencemaran yang ada. Dengan kebersamaan kita semua, maka masalah persampahan akan dapat bersama kita atasi.

 Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi Pemerintah Kota Makassar dengan masyarakat Kel. Maccini Sombala. Terima kasih atas dukungan dari Lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat di Kel. Maccini Sombala. Kolaborasi yang sama antara Pemerintah dan masyarakat akan diadakan pula di kelurahan lainnya yang ada di kota Makassar . 

 Plt. Kepala DLH Kota Makassar yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar ini tak lupa mengapresiasi dan berterima kasih kepada INLA Sulsel atas kerjasama dalam memberikan sosialisasi Eco Enzyme guna peningkatan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi. 

Sosialisasi Eco Enzyme dibawakan Ketua INLA Sulsel yang mengatakan Kel. Maccini Sombala terpilih sebagai tempat pertama untuk sosialisasi Eco Enzyme dalam rangka HPSN.          

Eco Enzyme adalah cara efektif mengolah sampah organik rumah tangga. Eco Enzyme adalah cairan hasil fermentasi yang diolah dari limbah dapur organik, yaitu : ampas buah dan sayuran yang dicampur dengan gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu) dan air. Cairan ini dapat dibuat sendiri di rumah, sangat mudah, murah dan punya sejuta manfaat.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved