Breaking News:

Tribun Toraja Utara

Tinggalkan Demokrat, Yohanis Bassang Gabung Golkar Toraja Utara

Yohanis Bassang mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Ketua Golkar Toraja Utara kepada panitia Muafa X

ist
Bupati terpilih Toraja Utara Yohannis Bassang mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Ketua Golkar Toraja Utara kepada panitia Muafa X, Selasa (23/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bupati terpilih Toraja Utara Yohanis Bassang memutuskan meninggalkan Partai Demokrat lalu bergabung ke Partai Golkar.

Yohanis Bassang mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Ketua Golkar Toraja Utara kepada panitia Muafa X, Selasa (23/2/2021).

Yohannis datang ke Kantor Golkar Toraja Utara dengan mengenakan Jas Hitam dan menggunakan sarung sebagai simbol kesederhanaan dan ngangkan budaya Toraja Utara.

Dalam Pilkada Toraja Utara lalu Yohanis Bassang - Frederik V. Palimbong diusung Partai Demokrat 4 kursi dan Golkar 5 kursi.

Ketika itu Yohanis Bassang adalah kader Partai Demokrat, sedangkan Frederik V. Palimbong adalah Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara.

Steering Committee Musfa ke X Partai Golkar Toraja Utara Julianto Mapperley ketua SC mengatakan hingga akhir pendaftaran cuma ada satu calon yang mendaftar. 

"Sampai akhir masa jabatan cuma PaknYihannia Bassang yang resmi mendaftar sebagai calon ketua Golkar Toraja Utara," katanya.

Selanjutnya dukungan dan dokumen pendaftaran bakal calon akan di verifikasi oleh SC sebelum nantinya ditetapkan dalam Forum mysfa ke C Toraja Utara 

Yohanis Bassang mendaftar di Golkar sebagai bakal calon didukung sejumlah Pincam Partai Golkar 

Meski Yohannis merupakan pendaftaran tinggal, namun Yohanis harus mengantongi diskresi Ketua Umum untuk dapat lolos sebagai calon ketua Golkar Toraja Utara. 

"Soal itu kewenangan DPP yang jelas SC cuma menerima pendaftaran, mengenai diskresi urusan DPD I dan DPP, " kata Julianto Mapperley.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Yohanis Bassang-Frederik Palimbong (Ombas-Dedy) sebagai pasangan calon terpilih Pilkada Toraja Utara 2020. 

Penetapan berlangsung di Toraja Heritage Hotel, Rantepao, Toraja Utara, Sabtu (23/1/2021) malam.

Pasangan Yohanis Bassang - Frederik V. Palimbong ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan perolehan 44,17% atau sebanyak 60.614 suara.

Mengalahkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara nomor urut 1, Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung memperoleh 23.923 suara atau 17,4% dan pasangan nomor urut 3, Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba Tandi Payung memperoleh 52.706 suara atau 38,4%.

Penulis: Ari Maryadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved