Breaking News:

Tribun Ekonomi

Sulsel Peringkat 7 Daerah Pertumbuhan QRIS di Indonesia

Dilakukannya Penandatanganan deklarasi komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat transformasi digital

TRIBUN TIMUR/DIAN AMELIA
Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital. Penandatanganan deklarasi komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat transformasi digital, sekaligus sosialisasi TP2DD dan QRIS dilakukan di Hotel Fourpoints by Sheraton, Selasa (23/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Salah satu inisiatif untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Sulawesi Selatan, Kantor PerwakilanBank Indonesia Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan membentuk lima Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yakni Makassar, Parepare,Maros,Gowa dan Barru.

Pembentukan TP2DD di Sulsel merupakan bentuk konkrit sebagai upaya memperkuat kolaborasi dalam mendukung inovasi dan percepatan implementasi ETP sesuai prinsip aman, efisien, dan terjangkau. 

Dilakukannya Penandatanganan deklarasi komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat transformasi digital sekaligus sosialiasi TP2DD dan QRIS.

“ Ini sebagai upaya untuk menyamakan visi dan pemahaman terhadap pentingnya transformasi digital yang menjadi potensi  sebagai New Source of  Economiv Growth,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya dengan adanya TP2DD untuk meningkatkan potensi penerimaan Pemda memalui pemanfaatan teknolohi seperti penerapan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sebagai kanal pembayaran transaksi keuangan digital.

Diketahui hingga Februari 2021, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulawesi Selatan mencapai 193,294 merchant atau tumbuh sebesar 209,3 persen(yoy). 

“ Tingkat pertumbuhan tersebut berada diatas pertumbuhan nasional 120,0 persen )yoy) dan menjadikan Sulsel menempati peringkat ke-7 dari segi jumlah merchant QRIS di Indonesia dan sebagai salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan merchant QRIS tertingi di Indonesia,” jelasnya.

Sejalan dengan perkembangan ekonomi dan keuangan digital di Sulawesi Selatan yang signifikan, KPwBI Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Daerah terus melanjutkan tekad untuk menjadikan Sulsel sebagai Provinsi yang terdepan dalam menciptakan ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang kondusif sebagai salah satu upaya demi mempercepat pemulihan ekonomi lokal dan nasional.

Penulis: Dian Amelia
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved