Breaking News:

Tribun Ekonomi

Dorong Integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital, BI dan Pemprov Bentuk 5 Tim TP2DD

adapun tugas dari TP2DD adalah  mengumpulkan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan

TRIBUN TIMUR/DIAN AMELIA
Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Pemprov Sulsel untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital. Penandatanganan deklarasi komitmen Pemerintah Daerah untuk mempercepat transformasi digital, sekaligus sosialisasi TP2DD dan QRIS dilakukan di Hotel Fourpoints by Sheraton, Selasa (23/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Saat ini dunia semakin mendigital, hal inilah yang mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital untuk dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan bersama dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan melalui akselerasi program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP).

ETP diharapkan akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan keuangan inklusif, kesehatan fiskal, good governance, dan efisiensi ekonomi.

Adapun salah satu inisiatif untuk memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Sulawesi Selatan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan telah membentuk lima Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yakni Makassar, Parepare,Maros, Gowa dan Barru.

“ Pembentukan TP2DD di Sulsel merupakan bentuk konkrit (quick wins) sebagai upaya untuk memperkuat kolaborasi dalam mendukung inovasi dan percepatan implementasi ETP sesuai prinsip aman, efisien dan terjangkau,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto, Selasa (23/2/2021).

Menurut Budi, adapun tugas dari TP2DD adalah  mengumpulkan data dan informasi perkembangan transaksi pendapatan dan belanja Pemda, baik yang dilakukan secara tunai maupun non tunai, serta melakukan analisis dan identifikasi hambatan dan permasalahan terkait ETP.

“ Selain itu, TP2DD juga bertugas menyusun rekomendasi kebijakan,strategi, dan rencana aksi terkait ETP sesuai arah kebijakan ETP yang ditetapkan oleh Kelompok Kerja Nasional (Pojaknas),” ucapnya.

Kendati demikian, tujuan pembentukan TP2DD untuk mewujudkan transparansi,tata kelola keuangan yang lebih baik, meningkagkan potensi penerimaan Pemda melalui pemanfaatkan teknologi.

“ Melalui pemanfaatan teknologi hingga akhirnya menghasilan layanan publik yang lebih baik, salah satu aplikasi teknologi digital tersebut adalah melalui penerapan QRIS sebagai kanal pembayaran transaksi keuangan secara digital,” katanya.

Penulis: Dian Amelia
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved