Breaking News:

Khazanah Sejarah Islam

Syekh Muhyiddin Umar Al Aidid dan Dato Mahkota Sebar Islam di Sulsel 1500,Sebelum Dato ri Bandang

Kerajaan Sanrobone kerajaan pertama yang menerima Islam di Sulsel. Syekh Muhyiddin Umar Al Aidid menyebarkan Islam di Sulsel sebelum Dato ri Bandang

dok.tribun
Situs jejak sejarah khazanah Islam di Kerajaan Sanrobone, Takalar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Jejak Khazanah Sejarah Islam di Sulawesi Selatan terus terungkap.

Fakta dan data bermunculan dan dimunculkan. Banyak catatan sejarah terkoreksi.

Terungkap, Kerajaan Sanrobone adalah kerajaan pertama yang menerima Islam di Sulsel. Kerajaan Sanrobone kini terletak di wilayah Kabupaten Takalar.

Terungkap juga bahwa Syekh Muhyiddin Umar Al Aidid telah menyebarkan Islam di Kerajaan Sanrobone, Kerajaan Gowa, dan Kerajaan Tallo sebelum trio Dato, Dato ri Bandang, Dato Patimang, dan Dato di Tiro.

Makam Syekh Kaharuddin Al Aidid di Sanrobone Takalar. Syekh Kaharuddin Al Aidid adalah salah seorang ulama penyebar Islam di Sulsel sebelum Dari ri Bandang.
Makam Syekh Kaharuddin Al Aidid di Sanrobone Takalar. Syekh Kaharuddin Al Aidid adalah salah seorang ulama penyebar Islam di Sulsel sebelum Dari ri Bandang. (dok.tribun)

Sejarah Kerajaan Sanrobone

Kerajaan Sanrobone didirikan Karaeng Panca Belong atau yang juga dikenal dengan Karampang Cambelong.

Seperti yang tertulis dalam sebuah catatan bertajuk Lontara Patturioloanga ri Sanrobone, Karaeng Panca Belong merupakan orang pertama yang menjadikan daerah Sanrobone sebagai daerah pemukiman.

Kerajaan ini awalnya merupakan kerajaan yang berdiri sendiri, hingga kemudian menjadi Kerajaan Palili. Kerjaan Palili sendiri merupakan sebutan untuk kerajaan yang menjadi pengikut dari Kerajaan Gowa.

Dalam Buku Menyusuri Jejak Kehadiran Makassar dalam Sejarah, Prof Dr Mattulada menulis, Kerajaan Sanrobone bergabung dalam federasi Kerajaan Gowa atas perjanjian antara Raja Gowa Ke-9, Daeng Matanre Karaeng Tumaparisi Kallonna, awal abad XVI.

Pada masa Pemerintahan Daeng Matanre Karaeng Manguntungi Tumaparisi Kallonna,  baginda berusaha dan berhasil memperluas wilayah Kerajaan Gowa ke daratan di Sulawesi Selatan.

Halaman
1234
Penulis: AS Kambie
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved