Breaking News:

Penjelasan BMKG Penyebab Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Termasuk DKI Jakarta Wilayah Anies

BMKG menjelaskan sebab hujan lebat yang terjadi sejak Kamis yang menyebabkan sejumlah wilayah di Jabodetabek termasuk Jakarta wilayah Anies.

TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Waspada Banjir Jakarta - Sejumlah pekerja menyelamatkan barang dagangannya yang terendam banjir di Mal Cipinang Indah, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM,- DKI Jakarta masih dilanda banjir di sejumlah titik.

Termasuk wilayah Jabodetabek lainnya.

Termasuk Depok Jawa Barat.

Lalu apa yang menyebabkan banjit di sejumlah wilayah ini?

BMKG Dwikorita menjelaskan faktor yang menyebabkan hujan lebat yang terjadi sejak Kamis (18/2/2021) seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Menurut Dwikorita peningkatan intensitas hujan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya karena aktivitas termonitor udara yang signifikan.

Seruakan udara yang signifikan ini mengakibatkan peningkatan pembentukkan awan hujan di wilayah Indonesia bagan barat. Faktor kedua adalah adanya aktivitas gangguan atmosfer di zona ekuator yang sering disebut sebagai aktivitas equatorial rossby.

Dwikorita mengungkapkan bahwa gangguan ini mengakibatkan terjadinya perlambatan dan pertemuan angin. Sehingga angin dari utara terjadi pertemuan yang kebetulan masuk wilayah Jabodetabek.

"Ada perlambatan dan pertemuan angin dari arah Utara ini kebetulan terjadinya tepat melewati Jabodetabek. Di sini lah terjadi peningkatan intensitas pembentukan awan hujan yang akhirnya terkondensasi, lalu turun sebagai hujan yang intensitasnya tinggi," ujarnya.

Faktor ketiga, adalah adanya tingkat labilitas dan kebasahan udara di sebagian besar wilayah di Jawa bagian Barat. Hal ini mengakibatkan peningkatan potensi pembentukan awan-awan hujan di Jabodetabek semakin cepat.

Halaman
123
Editor: Munawwarah Ahmad
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved