Breaking News:

Tribun Bone

Kesbangpol Bone Diminta Tertibkan LSM 'Nakal'

Seorang dari oknum LSM di Bone ditangkap usai diduga memeras kepala desa dengan meminta uang.

ISTIMEWA
Akademi IAIN Watampone, Irfan Amir 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG - Akademisi Insititut Agama Islam Negeri (IAIN) Watampone, Irfan Amir meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bone untuk menertibkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Bone.

Sebelumnya, seorang oknum dari LSM di Bone ditangkap usai diduga memeras kepala desa dengan meminta uang.

Dalam melakukan aksinya, ia mencatut nama Kasi Pidsus Kejari Bone, Andi Kurnia.

Menurut Irfan, Kesbangpol harus mendata dan memverikasi LSM di Bone. 

Tujuannya, untuk mengetahui pasti jumlah LSM aktif dan tidak aktif.  Takutnya juga ada LSM berdiri tak memenuhi syarat dan ketentuan.

"Perlu didata dan diverifikasi kembali. Harus dicek akta pendirian dari notaris, AD/ART, sekretariat, SK keanggotaan. Organisasi itu harus benar-benar diketahui. Jangan sampai menjadi organisasi tidak jelas dan menimbulkan masalah," kata Irfan kepada tribunbone.com, Sabtu (20/2/2021).

Lanjut dosen Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Watampone ini, Kesbangpol perlu menyediakan wadah pengaduan masyarakat. Wadah ini untuk menerima  laporan masyarakat jika terdapat LSM meresahkan.

"LSM itu harusnya mengawal pembangunan daerah serta mengadvokasi kepentingan-kepentingan rakyat. Bukan malah membuat takut masyarakat," terangya.

Di lain sisi, Irfan berpandangan, adanya kasus pemerasan oknum LSM di berbagai daerah, termasuk di Bone menandakan kualitas pembangunan jauh dari kata ideal.

Pejabat maupun aparat desa, jika tak memiliki kesalahan ketika menggunakan anggaran, tidak usah takut dan khawatir dengan gertakan dari oknum LSM.

Justru, kata dia, perlu dipertanyakan, jika ada pejabat maupun aparat desa yang menuruti permintaan oknum LSM.

"Kalau merasa tidak salah, laporkan saja ke penegak hukum. Kalau menuruti permintaan oknum LSM, perlu juga dipertanyakan dan ditelusuri lebih jauh. Apa ada anggaran yang diselewengkan," tuturnya.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved