Breaking News:

Unhas

Fakultas MIPA Unhas Gelar Webinar, Bahas Publikasi Bereputasi

Unit Riset, Publikasi, Inovasi dan Kerjasama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar webinar

ist
FMIPA Unhas menggelar webinar series publikasi dengan tema Publikasi Bereputasi, Sabtu (20/2/2021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Unit Riset, Publikasi, Inovasi dan Kerjasama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar webinar series publikasi dengan tema "Publikasi Bereputasi". 

Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan FMIPA Unhas, Dr Amiruddin. 

Kegiatan dipandu oleh Prof Mawardi ini, diikuti kurang lebih 100 peserta.

Amiruddin menjelaskan webinar ini merupakan wadah menambah wawasan dalam mendorong dan mengoptimalkan publikasi FMIPA secara khusus dan sivitas akademika Unhas secara umum.

"Tahun lalu sesuai arahan pimpinan universitas kami membentuk satu unit yang fokus dalam hal publikasi karya dosen. Ini kita maksudkan agar para dosen semakin terdorong meningkatkan kualitas tulisan mereka," jelas Dr Amiruddin via rilis.

Setelah pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber, yakni Prof Moh Ivan Azis sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA dan Prof Muh Nasrum Massi, sebagai Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas.

Materi awal disampaikan oleh Prof Ivan yang menjelaskan mengenai publikasi bereputasi dengan menemukan jurnal yang tepat dan sesuai dengan tulisan yang dihasilkan. 

Dalam kesempatan ini, ia lebih banyak memberikan contoh mengenai jurnal yang dapat diakses oleh mahasiswa maupun dosen seperti Scopus, Scimagojr dan WoS.

Sementara itu, Prof Nasrum lebih banyak menyampaikan mengenai capaian publikasi Unhas hingga saat ini. 

Dimana dirinya menyampaikan per 18 Februari total publikasi Unhas mencapai 6.471. 

Menurutnya, publikasi Unhas dapat terus meningkat jika dibarengi dengan capacity building dan kualitas SDM dan kedua hal tersebut terus dimaksimalkan dengan baik. 

Setelah menyampaikan materi dari dua narasumber, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta yang terlibat.

Penulis: Rudi Salam
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved