Breaking News:

Tribun Majene

Pendataan Tahap Akhir, 7.240 Rumah di Majene Rusak Akibat Gempa

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi percepatan rehab rekon pasaca Gempa Sulbar via Video Conference

TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Rapat koordinasi percepatan rehab rekon pasaca Gempa Sulbar via Video Conference Jumat 19 Februari di ruang Rapat Bupati Majene. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE - Guna mempercepat upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi 6,2 SR pada 15 Januari 2021, Pemerintah Kabupaten Majene telah melaporkan data kerusakan ke pemerintah pusat.

Pada tahap pertama, laporan kerusakan rumah berdasarkan kategori  sebanyak  4.099 rumah. Dengan rincian, rusak berat 1.774 unit, rusak Sedang 1.140 unit  dan rusak ringan  1.185 unit.

Sementara untuk  pendataan tahap akhir jumlahnya bertambah menjadi 7.240 unit. Dengan Rincian rusak berat 3.005 unit, rusak sedang 1.727 unit dan rusak ringan 2.508 unit.

"Ditahap pertama, data yang dikirim ke pusat masih bersifat sementara, mengingat banyak warga Majene yang belum tercover karna meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke luar Majene, " Kata Bupati Majene, Lukman.

Terjadinya penambahan data, karena banyak masyarakat terdampak baru pulang kembali ke rumah mereka masing masing pasca gempa.

Hal itu disampaikan dalam rapat koordinasi percepatan rehab rekon pasaca Gempa Sulbar via Video Conference Jumat 19 Februari di ruang Rapat Bupati Majene.

Lukman berharap pemerintah pusat memperhatikan data di tahap kedua dan segera dilakukan validasi.

"Kami khawatir, justru ada warga terdampak parah dan tidak masuk dalam pendataan tersebut dan ini akan akan menjadi masalah baru bagi pemerintah daerah, sehingga kami berharap pemerintah pusat terus mengevaluasi data pertama dan kedua” ujarnya.

Rapat yang juga menghadirikan para pengembang salah satunya Rumah Permanen Instan DOMUS menjanjikan percepatan pembagunan rumah permanen instan.

Bahkan jika disetujui, masyarakat terdampak di Sulbar bisa segera masuk hunian sebelum lebaran Idul Fitri. Pihak Domus bahkan telah mengunjungi Majene dan Mamuju untuk melihat kondisi wilayah yang akan dibangun.

Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved